Router Wifi Sukses
Tekno

Tips Memulai dan Menjadi Penjual Router Wifi Agar Sukses

Kebutuhan akan jaringan internet sudah semakin banyak dikarenakan banyaknya teknologi menggunakan jaringan dan untuk membangun komunikasi. Hal ini membuat paket data seluler diandalkan dan Wifi. Wifi merupakan salah satu jaringan yang memberikan akses kepada setiap pelanggannya untuk menjelajahi browser dengan baik.

 

Meningkatnya permintaan terhadap penggunaan Wifi membuat beberapa orang memulai bisnis menjadi penjual router Wifi dengan hasil yang cukup lumayan banyak jika mengetahui beberapa trik dalam bisnis ini.

 

Berikut adalah bisnis Wifi atau hotspot untuk pemula diantaranya:

 

● Tanpa modal, dengan mendaftar dan berlangganan maka mendapatkan modem router wifi. Setelah itu dapat menjual Wifi dengan memberikan password Wifi kepada pelanggan, untuk membatasi penggunaan internet pelanggan maka gunakan pengaturan mac address melalui model smartphone dan catat nomor mac address smartphone pelanggan dan masukkan dalam pengaturan Wifi dan aktifkan.

 

● Modal Rp500.000, dengan mendapatkan barang-barang dalam kondisi bekas dan pulsa paket unlimited 4G, mendaftarkan ke service center untuk membeli paket tanpa mendaftar dan jika mendaftar maka akan memperoleh peralatan router Wifi sehingga tidak perlu membeli peralatan lagi.

 

● Router mikrotik, memiliki fungsi untuk mengatur masing-masing pelanggan dengan membuat ID dan password untuk keperluan pembuatan voucher. Hal ini membuat tampilan awal Wifi lebih baik dan membagi bandwidth sesuai dengan tipe berlangganan.

 

Selain itu, untuk bisnis Wifi maka diperlukan wireless outdoor access point, untuk memancarkan sinyal Wifi agar lebih kuat dan menjangkau jarak yang jauh. Peralatan ini dipasang diluar rumah dengan sebuah tiang dari besi dan mampu menembus tembok sekitar rumah.

 

Antena outdoor access point untuk sinyal yang lebih kuat dan jangkauan lebih luas dan merata. Jika jangkauan Wifi terlalu luas maka buatlah server pulsa digunakan untuk menjual pulsa hp. Setidaknya sudah menggunakan hardware PC Pentium 4 dengan windows XP dan sebuah modem atau hp untuk SMS center.

 

Berikut adalah contoh usaha menjual Wifi diantaranya:

 

● Menyediakan alat usaha seperti dua buah modem yaitu satu modem sebagai pelanggan dan modem speedy untuk pengaturan menjadi Access point. Mikrotik RB 750, kabel KAN dan RJ 45 yang menghubungkan antara modem, access pint, komputer. PC dan aplikasi Winbbox.

● Melakukan pengaturan dari jaringan internet ke modem ADSL, dihubungkan dengan Mikrotik dihubungkan ke access point dan swith. Access point memiliki hotspot client dan switch memiliki beberapa PC sebagai warnet clients.

 

Untuk menjadi penjual router Wifi perlu memahami pengaturan modem mode PPOE ke mode Bridge. Lalu aktifkan Access point atau SSID karena digunakan nantinya pada access point yang lainnya dengan menghubungkan modem dengan PC melalui kabel LAN dan memberi IP address PC. Menggunakan nama masing-masing interface supaya lebih mudah dalam melakukan pengaturan lanjutannya.