Sound System Prima
Otomotif

Teknik Menjadikan Sound System Mobil Semakin Prima

Terkadang memiliki sound system mobil standar yang merupakan keluaran resmi mobil rasa-rasanya memang belum cukup. Bahkan telinga terkadang rasanya juga merasa bahwa audio tersebut masih sangat kurang menghasilkan suara dengan kategori berkualitas.

 

Meskipun hal semacam ini memang tidak akan terjadi jika Anda membeli mobil dengan harga diatas 500 juta. Karena Anda pastinya akan mendapatkan audio dengan kualitas yang jernih.

 

Namun Anda tidak perlu berkecil hati, karena sekarang ini sudah tersebar tips untuk mendapatkan sound dengan suara berkualitas. Membeli audio mobil yang berkualitas tentu saja harus tetap saja pilih-pilih. Namun apapun yang Anda beli, tentu semuanya tergantung pada paket audio bawaan di pabrik mobil Anda.

 

Padahal terkadang setelah audio bawaan tersebut dipasang suaranya justru tidak dapat memanjakan telinga Anda, akan tetapi bagaimana cara menyiasati nya?

 

Tentukan biaya yang digunakan

 

Langkah pertama dalam menyiasati masalah sound system mobil adalah menentukan budget yang Anda inginkan untuk memasang audio mobil Anda. Perlu Anda ketahui bahwa system audio mobil yang baik tidak harus selalu dengan harga mahal.

 

Hanya saja yang paling penting adalah mendapat audio system yang benar-benar cocok. Biasanya dengan spek produk yang akan Anda beli adalah sub, power, speaker split, capasitor bank, speaker coaxial dan sudah pasti akan membutuhkan head unit. Karena head unit sendiri merupakan bagian yang paling penting.

 

Pilih head unit dengan suara berkualitas

 

Selanjutnya Anda harus memilih head unit dengan suara yang berkualitas. Terkadang orang-orang cenderung membeli head secara sembarangan, dengan patokan yang penting dapat dipasang. Akan tetapi sebagai akibatnya suara yang dihasilkan masih terasa kurang berkualitas. Solusi utama untuk mengatasi masalah ini adalah membeli head unit dengan kualitas yang terbaik.

 

Bahkan jika memang perlu Anda harus membeli head unit yang dilengkapi dengan rear, front dan sub di bagian belakang tape. Umumnya akan ada 6 lubang rca untuk kategori single din, sementara double din memiliki rca yang lebih banyak. Biasanya untuk head unit yang mampu menghasilkan suara berkualitas, jernih dan bersih dengan merek Alpine dan Clarion.

 

Hal terakhir yang harus Anda pastikan dalam menambahkan kualitas sound system mobil antara lain adalah mengenali bagaimana profil musik Anda sendiri. Tentu saja karena masing-masing orang akan memiliki musik favoritnya sendiri, apakah itu pop, classic atau bahkan musik rock & roll.

 

Jika dalam hal ini sudah Anda pastikan secara matang, selanjutnya Anda dapat segera mengganti speaker yang masih standar dari mobil Anda dengan yang baru. Jika dirasa perlu, Anda dapat membeli serta mulai menggunakan speaker dari merek-merek ternama agar suara yang dihasilkan juga lebih berkualitas, bagus, jernih dan awet.