Jaket Motor
Otomotif

Sudahkah Anda Menggunakan Jaket Motor Saat Berkendara?

Motor ialah alat transportasi yang dianggap sangat praktis. Alat transportasi ini digunakan dari muda hingga orang tua. Selain penggunaannya yang sangat praktis, motor ini juga lebih menghemat waktu, terlebih jika Anda tinggal di daerah perkotaan yang macet. Mungkin saja Anda sering menjumpai pengendara motor mondar-mandir dengan menggunakan berbagai macam perlengkapan yang dapat melindungi mereka contohnya seperti jaket, helm serta berbagai macam pelindung yang lainnya. Sebenarnya mengendarai motor tanpa menggunakan jaket motor dan helm sangat berbahaya, namun sayangnya, masih saja pengendara yang mengabaikannya.

Menurut penuturan dari ahli kesehatan, pengendara harus melindungi berbagai macam bagian tubuh yang mereka miliki terlebih di bagian leher dan juga dada. Salah satu cara untuk melindungi bagian tubuh ini ialah dengan menggunakan jaket. Penggunaan jaket dirasa sangat penting dikarenakan dapat mencegah berbagai macam kemungkinan terjangkit penyakit berbahaya. Hanya saja banyak pengendara yang tidak mengindahkan aturan menggunakan jaket dikarenakan jaket kurang cocok, mereka hanya menggunakannya untuk keperluan seperti touring saja.

Sebenarnya, apa bahaya naik motor tanpa mengenakan jaket motor?

• Tubuh Anda menjadi tidak fit. Ketika mengendarai sepeda motor, tubuh Anda akan sulit menghindari terpaan angin yang begitu kencang. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus, tubuh Anda akan menjadi kurang fit bahkan akan mengganggu konsentrasi Anda,
• Suhu tubuh menjadi kurang stabil. Jika Anda tidak menggunakan jaket, suhu tubuh Anda dapat mengalami penurunan. Fungsi jaket yang Anda kenakan ialah sebagai isolator panas agar suhu tubuh yang Anda miliki dapat terjaga,
• Dapat terkena penyakit kanker. Dampak lain ialah dapat menyebabkan kanker paru-paru. Hal ini dikarenakan paparan polusi udara yang mengenai Anda akan menimbulkan berbagai efek samping dan dalam jangka panjang dapat menimbulkan penyakit seperti kanker.

Naik motor tanpa mengenakan jaket sebenarnya juga dapat mengganggu pernafasan Anda. Apa saja bahaya untuk kesehatan pernafasan Anda?

• Paru-paru basah. Paru-paru basah ini ialah penyakit yang menyerang paru-paru. Biasanya ia disebabkan oleh adanya virus,
• ISPA. ISPA ini ialah penyakit menular yang sangat umum terjadi di kawasan Indonesia. penyakit ini dapat menyebabkan kematian secara mendadak,
• Bronkitis. Ciri dari penyakit bronkitis ini ialah batuk berdahak yang terjadi secara terus menerus, bahkan mengalami demam hingga 38 derajat.

Dari berbagai macam ulasan di atas, tentu kita dapat menyimpulkan ternyata penggunaan jaket motor sangat penting, terlebih saat kita menempuh jarak yang jauh. Banyak pakar kesehatan yang memberikan saran, menggunakan jaket untuk pelindung yang sesuai dengan jarak tempuh. Jika menempuh jarak yang dekat, Anda dapat menggunakan sweater, untuk menengah Anda dapat menggunakan parasut, dan untuk jarak jauh lebih baik Anda menggunakan jaket yang terbuat dari bahan tebal, kuat dan berserat.