Penyebab Migrain Yang Sering Terjadi
Kesehatan

Penyebab Migrain Yang Sering Terjadi



Hingga saat ini, penyebab migrain belum di ketahui secara pasti. Namun banyak kasus serangan migrain di temuin pada kadar zat kimia dalam otak yang disebut serotonin menurun. Kondisi seperti ini diduga menyebabkan salah satu saraf otak ( trigeminal ) melepaskan zat kimia menuju lapisan otak luar (meningen) sehingga mampu pemicu timbulnya nyeri.

 

Hampir setiap orang pernah mengalami sakit kepala di beberapa titik dalam hidup mereka. Migrain berbeda dari sakit kepala dan biasanya memiliki beberapa gejala lainnya. Meski penyebab migrain belum di ketahui dengan pasti namun yang paling umum ada sejumlah faktor yang di duga dapat memicu timbulnya Migrain, Seseorang dengan riwayat migrain merasakan pusing yang berlebihan seperti mabuk.

 

Terkadang juga merasakan mual, peka terhadap cahaya atau kebisingan. Perbedaan antara keduanya adalah bahwa seseorang dapat membedakan rasa nyeri pada penderita sakit kepala dan penderita migrain.jika seseorang menderita migrain,biasanya penderita harus pergi ke kamar gelap dan berbaring sampai mereka merasa lebih baik.

 

Berikut ini adalah sebagian besar pemicu terjadinya migrain:

 

1. pola makan dan minum

 

Mengkonsumsi makanan asin atau makanan cepat saji/olahan, penambahan rasa manis atau rasa gurih (MSG) serta minuman beralkohol dan minuman mengandung cafein dapat memicu terjadinya migrain.

 

2. Perubahan hormon pada wanita

 

Sebagian besar wanita terserang migrain pada saat menstruasi selama masa kehamilan atau menopause itu terjadi ketika Hormon wanita mengalami penurunan kadar estrogen yang signifikan.

 

3. Faktor emosi

 

Seperti stress, gelisah,tegang,defresi atau terlalu gembira bisa menjadi pemicu timbulnya migrain tuk datang.

 

4. Pemicu dari lingkungan

 

Seperti asap roko, aroma bau atau parfum dan suara bising kebanyakan seorang penderita migrain jika merasakan hal tersebut seketika timbul nyeri yang berlebihan di sekitar kepala hingga ke rahang.

 

5 Faktor fisik dan kebiasaan

 

Seperti kualitas tidur yang buruk, kelelahan, postur tubuh yang buruk, gangguan tidur pasca berpergian, kadar gula yang rendah dan pasca olahraga berat.

 

6. Memiliki riwayat keturunan

 

Keturunan bisa menjadi pemicu timbulnya migrain.

 

7. Kebanyakan yang mengalami gejala

 

Peyakit migrain berjenis kelamin perempuan.

 

Di saran kan kepada anda jika pernah mengalami gajala migrain catatlah riwayat kegiatan sebelum terjadinya migrain. Catatlah seperti apa pola makan, dan serta apa yang anda lakukan sebelum timbulnya nyeri yang berlebih. Konsumsilah suplemen atau vitamin untuk membantu dan mencegah timbulnya penyakit migrain di kehidupan kita.