Kolektor Mainan
Hobi

Menjadi Kolektor Mainan Action Figure dan Tips Perawatannya

Macam-macam jenis mainan sekarang ini tak hanya menjadi monopoli anak kecil saja. salah satu mainan tersebut, misalnya, yaitu mainan action figure, bahkan menjadi incaran untuk koleksi bagi banyak orang dewasa.

 

Detail mainan tersebut yang cukup kompleks, bentuknya yang bermacam-macam, dan juga pose yang bisa diatur, membuatnya menjadi koleksi yang sangat menarik.

 

Action figure sendiri tidak merujuk pada semua jenis figurin, melainkan khusus yang memiliki joint sehingga posisi tangan dan kaki bisa diubah atau dilepas. Itulah alasan figurin ini menggunakan istilah “action”.

 

Apakah Anda ingin menjadi kolektor? Jika iya, maka bersiaplah untuk merogoh kantong yang dalam, lantaran action figure ini bukanlah barang yang murah.

 

Anda yang mau menjadi kolektor dari mainan action figure harus bisa mencari yang berkualitas. Perhatikan ini:

 

1. Cari tahu dulu jenisnya

Ada banyak tokoh kartun, anime, dan film yang dijadikan action figure. Anda wajib untuk cari tahu dulu apa yang beredar, bagaimana mutunya, detailnya, dan harganya.

 

2. Membeli murah dulu

Sebagai pemula, beli saja dulu yang murah, apalagi kalau budget terbatas. Toh, Anda nantinya juga akan bisa mendapatkan lagi ketika sudah lebih ahli dan banyak rejeki.

 

3. Masuk ke komunitas

Cara praktis agar Anda tak kena tipu penjual tak bertanggung jawab adalah masuk ke komunitas dan bertanya langsung pada kolektor-kolektor yang sudah ahli. Mereka bisa memberikan rekomendasi penjual, memberi tahu harga, dll.

 

4. Cari penjual terpercaya

Dari saran-saran yang diberikan para senior tersebut, buatlah daftar mana saja penjual yang terpercaya, lengkap, dan mempunyai harga yang cukup berbaik hati untuk kantong.

 

Ketika action figure tersebut sudah sampai di tangan Anda, tentu saja Anda harus merawatnya baik-baik. Ini yang bisa Anda lakukan agar koleksi selalu mulus:

 

• Bersihkan rutin

Setiap hari, jangan lupa bersihkan koleksi menggunakan kemoceng, mengelapnya dengan kain basah, atau memberikan sedikit alkohol.

 

• Simpan di tempat teduh dan kering

Agar warna figurin tak cepat pudar, simpan di tempat yang teduh dan jauh dari matahari, namun tetap kering sehingga tak tumbuh jamur. Anda bisa menggunakan silica gel di dalam lemari penyimpanan.

 

• Jangan sering bongkar-pasang

Sesekali mengubah pose atau mengganti beberapa bagian tubuh boleh saja, namun jangan lakukan ini secara rutin karena bisa merusak figurin.

 

• Simpan di tempat aman

Masukkan di lemari kaca, simpan di tempat tinggi, jauhkan dari minyak atau bahan yang mudah terbakar.

 

Namun di tengah-tengah keasyikan mengoleksi mainan action figure tersebut, jangan lupakan tujuan utama dari koleksi Anda tersebut, yaitu untuk bersenang-senang.

 

Mencari-cari figurin yang langka dan mendapatkan koleksi yang bagus, semua itu adalah demi kepuasan batin Anda sendiri. Tak perlu sampai terlalu ngoyo ataupun memaksakan diri kalau Anda memang belum bisa membelinya.