Jenis Helm
Otomotif

Macam-macam Jenis Helm Motor

 

Helm sejatinya merupakan sebuah pelindung kepala ketika sedang berkendara motor yang akan melindungi pengguna motor. Helm motor juga saling memiliki perbedaan karena ada beberapa tipe dan macam helm yang berbeda yang bisa membuat pengguna motor tampak lebih baik dan juga lebih terlindungi. Penggunaan helm ini sudah diwajibkan sejak lama dan membuat banyak orang harus memiliki helm. Di Indonesia penggunaan helm yang baik adalah helm yang memiliki standar khusus yang diberikan oleh lembaga khusus bisa yang memeriksa keamanan produk. 

 

Jika berbicara mengenai produk helm kita bisa mengetahui berbagai macam produk yang bisa sangat menarik sekali untuk kita gunakan. Berikut ini adalah berbagai macam helm yang bisa digunakan antara lain:

 

  1. Helm cetok, ini merupakan tipe helm yang sudah ada sejak lama dan juga bentuknya yang unik seperti topi yang membuatnya tidak akan menutupi seluruh bagian kepala.
  2. Helm ¾ modular, ini adalah salah satu jenis helm yang sangat aman sekali untuk digunakan siapa saja yang pastinya akan melindungi seluruh bagian kepala karena sudah tertutup pada bagian depan.
  3. Helm Flip Up, ini merupakan helm yang bagian dagunya menyatu dengan helm sehingga ruang dalam kepala akan terasa semakin sempit.
  4. Helm Half Face, ini merupakan helm yang tidak dilindungi dengan bagian depan muka sehingga banyak orang yang masih membutuhkan kaca jika menggunakan helm ini.
  5. Helm full face, ini adalah jenis helm yang melindungi seluruh bagian muka dan cocok untuk semua orang.

 

Penggunaan helm saat ini juga sudah menjadi salah satu hal yang penting dan banyak sekali menjadi perhatian orang-orang. Untuk merawat helm motor kita juga bisa mencucinya dengan menggunakan air dan juga shampoo khusus untuk helm. Tetapi saat ini sudah ada beberapa outlet yang menyediakan jasa cuci helm yang cocok sekali untuk digunakan karena memang hasil yang diberikan sangat maksimal sekali.

 

Jika kita ingin helm tahan lama, maka tidak ada salahnya juga untuk mengganti kaca helm yang kita miliki minimal 5 bulan sekali. Karena kaca helm juga bisa saja tergores dan warna kaca akan semakin kusam setiap harinya. Tujuan penggantian ini adalah agar kaca tampak lebih bersih dan juga lebih melindungi kepala kita dari kotoran.

Perawatan untuk helm juga sangat penting dan harus diperhatikan oleh semua orang yang memiliki helm. Jika kita menggunakan helm sebaiknya cari helm yang SNI atau yang Standar Nasional Indonesia. Beberapa merk helm di Indonesia seperti KYT, NHK dan INK sudah memenuhi standar untuk helm motor yang aman dan juga cocok digunakan oleh segala umur dan juga tersedia banyak model.