Merawat Mainan
Hobi

Ini Dia Cara Merawat Koleksi Mainan Action Figure Anda Agar Awet

Sekarang ini mainan action figure merupakan salah satu mainan yang sedang menjadi tren untuk kalangan kolektor mainan. Hal ini dikarenakan selain ia dijadikan sebagai sebuah pajangan atau pun koleksi, mainan ini juga dapat dijadikan sebagai sebuah investasi.

 

Maka, tidak mengherankan bila smakin banyak saja kolektor yang berburu mainan yang satu ini. Jika ingin menjadi kolektor dari action figure, tentu saja Anda harus menyediakan budget yang cukup besar, hal ini dikarenakan harga action figure ada beraneka ragam.

 

Ada yang harganya sangat murah, dan ada yang begitu mahal. Agar nilai jual dari mainan ini tinggi, action figure yang Anda miliki harus berkondisi baik agar ia tetap awet.

 

Perawatan action figure ini seperti melakukan pembersihan dengan cara berkala. Action figure yang sering di pajang di berbagai tempat terbuka begitu rentan untuk terkena debu atau pun kotoran. Oleh sebab itu, Anda harus menyempatkan waktu untuk membersihkannya setiap hari.

 

Untuk membersihkan action figure dari debu biasa, Anda dapat menggunakan kemoceng dan juga kain halus. Namun untuk debu yang membandel, Anda dapat menggunakan alkohol. Anda tidak perlu khawatir, karena alkohol tidak akan merusak action figure Anda entah yang berbahan plastik atau pun yang dari bahan metal.

 

Kedua, simpan mainan action figure di kotak yang aman. Bila Anda tidak sempat untuk membersihkan debu atau pun noda yang terlalu membandel, Anda dapat menyimpan mainan ini di kotak penyimpanan. Pilih kotak penyimpanan dengan model transparan, agar Anda masih dapat melihat keindahan dari mainan ini.

 

Selain itu, kotak transparan membuat mainan tidak hanya menjadi barang simpanan, namun dapat dijadikan sebagai pajangan. Hindari menyimpan mainan ini pada kotak yang sama. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan bagian-bagiannya. Maka dari itu, simpan satu action figure dalam satu kotak.

 

Ketiga, jauhkan dari berbagai macam bahan yang dapat merusak. Bila Anda ingin action figure Anda awet dan tidak mudah rusak, hindari ia dari berbagai macam bahan yang dapat merusak contohnya seperti bensin dan minyak.

 

Minyak akan bisa menghilangkan warna dari cat asli, untuk bensin ia juga dapat membuat cat action figure Anda terkelupas bahkan melumerkannya. Letakkan mainan ini di tempat yang tinggi dan hindarkan dari jangkauan anak-anak.

 

Hal terakhir yang harus Anda lakukan untuk merawat mainan action figure ini ialah hindari paparan cahaya matahari secara langsung. Sebisa mungkin, Anda harus meletakkannya di tempat yang teduh. Hindarkan ia dari cahaya langsung.

 

Sama seperti kulit yang kita miliki, action figure yang terkena paparan sinar matahari langsung akan dapat merubahnya menjadi kusam, warna asli dari action figure pun juga akan berubah, warna akan lebih memudar.