Fakta Menarik Sawah Magelang Menjadi Magnet Wisatawan
Informasi Wisata

Fakta Menarik Sawah Di Magelang Yang Menjadi Magnet Para Wisatawan

Magelang sebuah wilayah yang dikelilingi Sawah dan pegunungan, Dimana didalamnya terdapat salah satu keajaiban dunia yakni Candi Borobudur. Namun bukan candi Borobudur yang akan kita bahas di artikel ini melainkan destinasi wisata lain yang menarik di Magelang salah satunya berada di wilayah lereng sumbing di kecamatan kajoran, Kabupaten Magelang.

 

Ada salah satu desa yang ditetapkan pemerintah sebagai pusat wisata yaitu desa Sutopati. Di desa ini terdapat hamparan persawahan terasering yang luas dan tertata rapi yang biasa di sebut Svarga Bumi.

 

Jika para pengunjung datang di saat menjelang masa panen, wisatawan akan disambut oleh padi merunduk yang mulai menguning sedangkan Jika datang di saat masa tanam, mata kita akan dimanjakan dengan hijaunya padi yang subur. Yang paling membuat wisatawan betah dan tak ingin beranjak pergi dari kajoran adalah udaranya yang sejuk serta masyarakatnya yang sangat ramah dan terbuka terhadap tamu-tamu yang datang.

 

Kajoran ini memiliki 29 desa yang berada di kaki Gunung Sumbing. Kajoran ini letaknya berada sekitar 30 km dari Mungkid ibu kota Magelang, Jawa Tengah. Letak nya yang jauh dari peradaban modern itulah desa ini memiliki magnet yang kuat untuk menarik wisatawan dan memperlihatkan pemandangan yang sangat asri dan indah.

 

Di Desa Sutopati ini kita bisa ikut menggarap sawah dengan para petani, ikut beternak kerbau, kambing, sapi, dengan para peternak. Hingga mandi di air terjun yang menyegarkan tubuh. kegiatan ini tidak akan pernah kita dapat kan di kota metropolitan.

 

Sejak dibuka kembali pasca Covid19 tepatnya pada tanggal 8 Agustus 2020 lalu, Svarga Bumi menjadi sawah yang ramai dikunjungi wisatawan dan viral di media sosial. Untuk menikmati wisata ini pengunjung dipungut biaya tiket masuk Rp25.000 untuk dewasa dan Rp15.000 untuk anak-anak. Tempat wisata ini dibuka setiap hari kecuali hari Kamis. Namun jika di hari Kamis merupakan tanggal merah, Svarga Bumi di Buka setiap hari.

 

Konsep wisata alam yang diusung di tempat ini sangat menarik. Di tengah-tengah sawah, di buat banyak spot foto yang instagramable. Selain itu lokasinya hanya 300 meter dari Candi Borobudur membuat lokasi itu begitu eksotis. Pengunjung bisa berfoto dengan background persawahan dan juga bisa berfoto dengan background Candi Borobudur. Sangat menarik bukan?

 

Sambil berfoto para wisatawan juga bisa melihat aktivitas para petani yang sibuk menggarap sawahnya setiap hari. Tema dari Svarga Bumi adalah kelestarian alam dengan nilai tambah. Jadi dengan kata lain tetap pertahankan sawah sebagai tempat bercocok tanam serta memberikan nilai tambah dengan mendatangkan wisatawan.

 

Konsep bapak Putranto cahyono sebagai penggagas Svarga Bumi sejak 2019 lalu, Tak ingin hanya Candi Borobudur yang menjadi kunjungan wisatawan, Ia memutar otak dengan mengembangkan destinasi baru. Dengan tetap mempertahankan Candi Borobudur sebagai ikon, ia menggarap sawah yang biasanya hanya untuk bercocok tanam menjadi destinasi wisata unggulan.

 

Sawah ini masih 100% milik petani jadi kami menyewa sawah ini kepada mereka, Dan mereka tetap masih bisa menggarap sawahnya, bahkan kami sebagai pengelola mensuplai semua keperluan mereka mulai dari pengairan, pupuk, hingga bibit bagi petani untuk terus menanam disini, Saat panen tiba kami tidak meminta sedikitpun hasilnya.
Dengan kerjasama seperti ini para petani tidak dirugikan dengan aktivitas destinasi wisata yang ada di sini. justru dengan adanya kerjasama ini para petani menjadi lebih produktif karena pengairan, bibit dan pupuk di suplai oleh pengelola.

 

Tidak hanya warga biasa, tempat wisata ini pun menarik perhatian gubernur Jawa Tengah yaitu Bapak Ganjar Pranowo serta pasangan artis Nirina Zubir dan ernest ke Svarga bumi. Saat mengikuti ajang tour de Borobudur.

 

Jika anda ingin berkunjung ke Magelang, jangan pernah melewatkan untuk berkunjung ke Svarga bumi sebelum anda pergi ke Candi Borobudur. Semoga artikel ini dapat membantu anda menemukan Spot-spot tempat wisata yang tersembunyi di magelang, Jawa tengah ini.