Kesehatan

Cara yang Bisa Digunakan untuk Rehabilitasi Pasca Stroke dengan Terapi Memori

Ketika terserang stroke, maka pasien bisa menerima berbagai terapi setelahnya. Terapi tersebut mempunyai tujuan untuk membantu pasien untuk mempunyai kualitas hidup yang lebih baik. Selain itu juga terapi juga dapat digunakan untuk dapat menemukan motivasi hidup dan mencegah depresi. Hal tersebut merupakan fungsi terapi psikologis yang dapat untuk membantu tujuan hidup dan juga kepercayaan diri dari pasien. Apabila mempunyai semangat yang terbangun, nantinya juga akan lebih mudah dan membantu proses terapi lainnya. Dimana untuk salah satu rehabilitasi pasca stroke yang dipunyai adalah terapi memori. Terapi ini mempunyai manfaat untuk mempelajari kemampuan mengingat yang telah hilang. Dimana untuk beberapa cara yang dapat digunakan dalam terapi ini adalah sebagai berikut ini:

 

  • Menggunakan permainan yang mengasah otak

Cara pertama yang ada dan bisa digunakan adalah dengan menggunakan permainan yang mengasah otak. Untuk dapat mempelajari kemampuan untuk mengingat, maka bisa untuk menggunakan permainan yang dapat mengasah otak. Hal ini akan membuat pasien dapat mempunyai kemampuan mengingat yang lebih baik. Pilihlah permainan yang bisa mengasah otak yang disukai. Sehingga dengan melakukan permainan mengasah otak tersebut akan dapat untuk menstimulasi otak untuk mengingat lebih baik.

 

  • Menggunakan tulisan yang ditempelkan

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan dalam terapi memori ini adalah dengan menggunakan media tulisan. Anda bisa untuk menggunakan tulisan yang kemudian ditempelkan di banyak tempat. Hal tersebut juga akan membantu pasien untuk mengingat karena melihat tulisan yang dipasang. Contohnya saja untuk memasang tulisan untuk menyikat gigi di kamar mandi. Atau juga tulisan lainnya yang dapat memberikan manfaat untuk mempunyai ingatan lebih baik.

 

  • Mengulangi informasi berkali-kali

Cara selanjutnya yang dapat digunakan adalah dapat untuk mengulangi informasi berkali-kali. Hal ini akan dapat untuk membantunya mengingat dan merekamnya dalam memori ingatannya. Adapun untuk informasi tersebut dapat direkam menggunakan alat perekam. Atau lebih mudah dan praktis apabila menggunakan voice note yang ada di smartphone. Sehingga hal tersebut akan membuatnya untuk dapat menstimulasi untuk mempunyai ingatan lebih baik. Ketika lupa, informasi yang telah direkam tersebut juga akan dapat untuk diputar. Sehingga hal ini akan dapat untuk memudahkan pasien mempunyai informasi yang bisa membuat ingatan lebih baik.

 

  • Memberikan makanan tepat

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dari bahan makanan yang diberikan. Pemilihan makanan ini juga penting ketika melakukan terapi memori. Dimana untuk memberikan kegunaan yang maksimal, pemilihan makanan yang diberikan sangat penting untuk dilakukan. Pilihlah makanan yang mempunyai kandungan baik untuk otak seperti yang mempunyai kandungan asam lemak omega 3. Sehingga dengan mengkonsumsi makanan tersebut juga akan membantu otak untuk dapat mempunyai ingatan lebih baik. Dimana untuk bahan makanan yang dikenal untuk otak adalah ikan, tuna, biji-bijian, dan juga berbagai makanan lainnya.

 

  • Berkomunikasi dengan orang terdekat

Hal terakhir yang dapat dilakukan dalam terapi memori pada rehabilitasi pasca stroke ini adalah dapat untuk berbicara dengan keluarga dan teman. Hal ini juga akan memberikan stimulasi yang penting untuk bisa mendapatkan memori yang telah hilang. Selain dengan berkomunikasi dengan orang terdekat seperti pasangan, orangtua, dan juga anak. Pasien bisa untuk berbicara dengan penderita lainnya yang mempunyai pengalaman yang sama. Sehingga setelah bertukar cerita juga akan dapat baik untuk terapi memori dan juga terapi psikologis.