Kiat Merawat Mesin Mobil
Otomotif

Cara Sederhana Merawat Mesin Mobil yang Harus Diketahui

Merawat mobil ditujukan untuk merawat sekaligus menjaga keadaan mobil itu sendiri agar senantiasa prima. Yang mana perawatan ini tak hanya ditujukan ketika mobil sedang dalam masalah, namun dilaksanakan secara berkala sekalipun kendaraan tersebut tak rusak.

 

Seperti yang utama ialah perawatan pada mesin mobil yang nantinya akan menjaga performa suatu kendaraan dapat berlangsung dengan optimal. Perawatan yang dimulai pada bagian mesin ini dapat mempertahankan suatu keadaan mobil yang senantiasa sehat.

 

Perawatan yang diperuntukkan untuk mobil ini akan lebih baik bila dilakukan secara menyeluruh. Yang mana upaya merawat kendaraan beroda empat ini dapat dikerjakan sendiri dan tidak harus selalu mengandalkan pihak lain seperti perawatan di salon ataupun di bengkel mobil.

 

Tak selalu memelihara kesehatan mobil harus mengeluarkan uang banyak, ada kalanya dapat Anda upayakan sendiri entah itu secara rutin ataupun di saat tertentu saja.

 

Sebagai pemilik kendaraan mobil ini beragam bentuk perawatan memang perlu, hanya saja semua ada masanya. Termasuk treatment yang simple namun berdampak bagus pada kendaraan tersebut. Dimana perawatan sederhana ini ditujukan pada performa mesin mobil, yang mana deretan treatment tersebut antara lain adalah:

 

Memanasi mesin setiap hari entah kendaraan itu akan digunakan ataupun tidak. Proses pemanasan ini setidaknya berlangsung 5 menit dalam keadaan AC yang sudah mati agar tidak terjadi masalah pada komponen yang lain.

 

• Mengganti oli secara berkala seperti saat kendaraan telah menempuh jarak antara 3000 hingga 5000 km. Pergantian oli ini berlaku untuk semua tipe mobil entah itu matic ataupun injeksi.

 

• Melakukan cek pada air atau cairan radiator dan pastikan cairan tersebut isi, bila kosong dapat menimbulkan mesin panas dan macet. Bila perlu lakukan pemeriksaan secara berkala untuk memastikan air selalu ada dan segera isi bila mendekati habis.

 

• Membersihkan kerak pada bagian mesin dengan menekan gas kencang-kencang, tentu saja dalam kondisi yang aman.

 

• Memeriksa kebersihan pada filter karburasi, bila filter tersebut kotor maka dapat merusak karburasi dan menjadi macet saat berkendara.

 

Menjaga keadaan suatu kendaraan beroda empat memang bervariasi yang beberapa diantaranya ialah deretan langkah tersebut. Upaya penjagaan ini diperlukan untuk memelihara performa mesin agar senantiasa sehat setiap hari.

 

Perawatan ini pun dimulai dari mobil yang baru ataupun yang sudah lama, karena seperti apapun keadaan mobil itu sama-sama memerlukan perawatan yang tepat.

 

Sebagai salah satu pemilik mobil, tentu saja tak cukup bila hanya menggunakannya untuk berkendara saja. Di perlukan perawatan yang rutin hingga berkala guna memastikan adanya keadaan performa mobil yang tetap oke.

 

Dengan begitu kemana pun pergi dan melaju, mobil siap dan tak akan mengalami masalah seperti macet di jalan. Sama juga dengan perawatan pada mesin mobil yang dapat berdampak baik bagi performa mobil itu untuk saat ini ataupun nanti.