Cara Mengatasi Kekhawatiran Berkendara Sendiri
Tips trik

Cara Mengatasi Kekhawatiran Saat Berkendara Sendiri

Saat Anda belajar mengemudi, selalu ada orang lain di dalam mobil yang dapat Anda tuju dan yang akan memberi Anda nasihat yang berguna. Tetapi begitu Anda lulus ujian, Anda diizinkan untuk mengemudi sendiri.

 

Kebanyakan orang senang dengan gagasan itu tetapi bagi sebagian orang – baik segera setelah mereka lulus ujian atau di kemudian hari karena beberapa peristiwa lain – gagasan mengemudi tanpa pendamping membuat mereka ketakutan.

 

Jika Anda termasuk salah satu dari mereka yang terpengaruh, berikut dibawah ini beberapa tips cara mengatasi kekhawatiran saat berkendara  Anda.

 

  • Mendengarkan Musik

Anda bisa mendengarkan musik atau mendengarkan beberapa acara radio – dirancang seolah-olah mereka adalah percakapan dua arah antara pembawa acara dan pendengar.

 

Melakukan sesuatu yang sederhana seperti menyetel radio ke acara bincang-bincang dapat membuat perbedaan dan dapat membantu membodohi otak Anda dengan mengira ada orang lain di dalam mobil.

 

Atau, jika Anda mau, Anda selalu dapat menemukan saluran dengan pilihan musik yang bagus atau memasukkan CD atau memutar sesuatu melalui telepon atau pemutar MP3 Anda.

 

Itu semua adalah alternatif yang sama baiknya dan akan membantu mengalihkan pikiran Anda dari kenyataan bahwa Anda adalah satu-satunya orang di dalam kendaraan.

 

  • Coba Perjalanan Singkat Dulu

Kecuali jika tidak dapat dihindari, yang terbaik adalah memulai dengan perjalanan yang lebih pendek sebagai perjalanan pertama Anda mengemudi sendiri.

 

Anda harus dapat meyakinkan diri sendiri bahwa perjalanan hanya akan memakan waktu beberapa menit sehingga akan segera selesai segera setelah dimulai. Tingkatkan perjalanan yang lebih lama secara bertahap saat kepercayaan diri Anda meningkat.

 

Jika Anda benar-benar gugup, mulailah dengan mengemudi ke ujung jalan dan kembali – mungkin dengan seseorang dari keluarga Anda mengawasi dari kejauhan. Pikiran bahwa seseorang ada di sana, menonton, mungkin adalah semua yang Anda butuhkan untuk membantu Anda mengatasi rasa takut mengemudi sendirian.

 

  • Pilih Jalan Anda Dengan Hati-Hati

Anda mungkin tahu berbagai rute yang dapat Anda ambil untuk perjalanan Anda. Pilih jalan yang pernah Anda lalui sebelumnya sehingga Anda berada di wilayah yang sudah dikenal.

 

Idealnya, pilih jalan yang tidak terlalu sepi (jika tidak pikiran Anda akan beralih ke film-film menakutkan yang pernah Anda lihat) tetapi juga tidak terlalu sibuk. Beberapa masalah dengan mengemudi sendirian adalah Anda menjalankan segala macam pola pikir yang berkontribusi pada ketakutan Anda.

 

Memilih jalan yang “tepat” dalam hal lalu lintas akan sangat membantu. Memilih waktu hari – jika Anda memiliki kemewahan itu – akan lebih membantu karena Anda dapat memutuskan kapan waktu lalu lintas terbaik.

 

Dan jika rute Anda termasuk lampu lalu lintas, itu mungkin lebih baik. Mereka membantu mengontrol persimpangan yang lebih besar dan berarti Anda tidak berubah menjadi petak besar lalu lintas.

 

  • Cobalah Untuk Bersantai

Relaksasi adalah bagian penting untuk mengatasi ketakutan atau fobia. Ketakutan Anda telah membuat Anda tegang dan mungkin gugup. Belajar untuk lebih rileks akan membantu mengatasi sisi itu.

 

Apa pun yang Anda sukai adalah ide yang bagus – hipnosis, meditasi, yoga, pernapasan dalam. Semuanya bekerja untuk membantu Anda mengingat cara rileks.

 

Meskipun tidak perlu dikatakan bahwa sebagian besar jika tidak semua teknik tersebut tidak boleh digunakan saat Anda mengendalikan kendaraan.

 

Nah, itulah beberapa tips yang dapat mengurangi kekhawatiran Anda saat berkendara. tetap tenangkan diri Anda dan selalu berfikir positif. Semoga bermanfaat