Tips Beli Mobil Bekas
Otomotif

9 Tips Yang Perlu Dilakukan Sebelum Membeli Mobil Bekas

Jika Anda akan membeli mobil untuk pertama kali, ini bisa menjadi tugas yang sulit bagi Anda. Bagi kebanyakan orang, membeli mobil adalah pembelian besar. Oleh karena itu, Anda mungkin ingin berhati-hati, terutama jika Anda akan membeli mobil bekas.

 

Sebenarnya banyak alasan orang ingin membeli mobil bekas dibandingkan dengan mobil baru, salah satunya ialah karena harga yang terjangkau dan proses yang tidak terlalu sulit tentunya. Selain itu juga perlu memperhatikan kualitas agar mobilĀ  yang Anda yang dapat bisa sesuai dengan harapan.

 

Berikut di bawah ini adalah beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli mobil bekas.

 

Langkah 1: Siapkana Anggaran Anda

Pertama-tama, Anda mungkin ingin menetapkan anggaran Anda. Ini akan membantu Anda membuat daftar kendaraan yang termasuk dalam kisaran anggaran Anda. Langkah ini cukup penting, itulah mengapa Anda mungkin ingin menyelesaikan langkah ini setelah melakukan banyak pekerjaan rumah.

 

Langkah 2: Lakukan Riset Anda

Saat Anda mengerjakan pekerjaan rumah, pastikan Anda tidak bergantung pada emosi Anda. Sebaliknya, Anda mungkin ingin menentukan fitur yang Anda inginkan di dalam kendaraan. Selain itu, Anda mungkin ingin mempertimbangkan faktor lain, seperti biaya perawatan, jarak tempuh, nilai dan ketersediaan suku cadang, dan faktor terkait lainnya.

 

Langkah 3: Buat Daftar Pilihan Kendaraan

Sekarang, Anda harus mencari mobil yang tersedia secara online dan menghubungi pemiliknya. Setelahnya, sebaiknya konsultasikan dengan ahli atau teman Anda untuk mengetahui lebih dalam jenis mobil bekas yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

 

Langkah 4: Periksa Mobilnya

Segera setelah Anda memutuskan sebuah mobil, Anda mungkin ingin menghubungi mekanik terpercaya untuk memeriksanya. Layanan inspeksi akan melakukan pemeriksaan fisik kendaraan untuk membantu Anda mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang kondisi fisik kendaraan. Mereka akan memeriksa kendaraan apakah ada kebisingan, terutama suara yang berasal dari ruang mesin. Selain itu, mereka akan mencoba mencari tahu apakah mobil itu mengalami kecelakaan.

 

Langkah 5: Periksa Legalitas Kendaraan

Legalitas pada kendaraan sangat penting dilakukan bila Anda ingin membeli mobil bekas, maka dari itu perlu memperhatikan surat-surat kendaraan serta keaslian nama pemilik. Selain itu juga Anda juga perlu memperhatikan pajak kendaraan tersebut agar aman saat sudah ditangan Anda. Pastikan pajak masih hidup, sehingga aman saat Anda melakukan perjalanan.

 

Langkah 6: Lakukan Test Drive

Jika Anda puas dengan langkah-langkah yang diberikan di atas, Anda harus melakukan test drive untuk memastikan mobil tersebut sesuai dengan yang Anda cari. Beberapa kilometer test drive dapat membantu Anda mengetahui apakah Anda harus membeli mobil ini atau melanjutkan riset.

 

Langkah 7: Perhatikan Metode Pembayaran

Jika Anda senang dengan mobil tersebut, Anda harus melanjutkan dan melakukan pembayaran. Jauh lebih baik Anda membayar melalui bank agar catatan transaksi dapat dipertahankan untuk tujuan hukum.

 

Langkah 8: Lakukan Balik Nama Surat Kendaraan

Setelah Anda membawa pulang kendaraan di garasi Anda, ketahuilah bahwa prosesnya masih belum selesai. Ini hanya akan dianggap lengkap setelah kendaraan sudah dibalik nama atas nama Anda melalui proses hukum. Anda tidak bisa mengendarai kendaraan dengan surat yang masih belum jelas.

 

Langkah 9: Ganti Oli Mesin, Filter Udara dan Ban

Sebelum Anda membawa kendaraan Anda dalam perjalanan jauh, pastikan Anda mengganti oli mesin, ban dan filter udara jika diperlukan. Dengan begitu perjalanan Anda akan terasa aman tanpa adanya rasa khawatir dalam melakukan perjalanan.

 

Singkatnya, itulah 9 langkah yang perlu di perhatikan saat Anda ingin membeli mobil bekas untuk memenuhi kebutuhan Anda. Semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan bagi semuanya dan sampai jumpa kembali pada ulasan kami selanjutnya.