Tips Belajar Mobil
Otomotif Tips trik

8 Tips Mudah Belar Mobil Untuk Pemula Agar Aman Saat Berkendara

Bagi Anda yang masih pemula dalam mengendarai mobil, perlu untuk memperhatikan tehnik dasar dalam berkendara agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Oleh karena itu sebelum mulai berkendara ketahui terlebih dulu fungsi dari alat yang ada di dalam kabin mobil. Salah satunya ialah mencari tahu mana gas, rem, senĀ  dan komponen lainnya.

 

Berbagai hal harus diingat saat Anda belajar mengemudi. Ini termasuk banyak hal yang akan dimasukkan dan diingat. Ada banyak orang yang mau mengemudi, tetapi mereka biasanya kehilangan dasar-dasar keterampilan mengemudi. Untuk pemula di sini kami membawa daftar hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

 

Berikut beberapa tips aman saat berkendara mobil untuk pemula:

 

1. Menjadi Akrab

Anda harus membiasakan diri dengan semua tip dan trik mempelajari cara menukik mobil baru Anda. Seseorang harus terlebih dahulu mengenal jenis mobil yang dia beli. Anda juga perlu mengetahuinya dalam teori, untuk mempraktikkannya dalam kenyataan. Memahami kopling dan pengaturan roda gigi secara praktis sama sekali berbeda. Anda perlu mengetahui teknik perpindahan gigi dengan kecepatan tinggi dan teknik membalikkan gigi.

 

2. Posisi Duduk yang Aman

Kurangnya kenyamanan dan kendali biasanya menyebabkan kurangnya kendali yang secara bersamaan mengakibatkan kemungkinan terjadinya kecelakaan. Tempat duduk Anda harus sedemikian rupa sehingga Anda dapat melihat sekeliling dengan mudah dan nyaman. Ketinggian mata Anda harus tepat setengah dari tinggi kaca depan. Lutut Anda harus direntangkan terlalu jauh saat mengayuh. Jangan membungkuk ke depan saat Anda mengemudi dan duduk tegak sepanjang waktu.

 

3. Menghindari Gangguan

Sesuaikan kaca spionnya, perhatikan dan ingat kembali semua peraturan di jalan raya. Fokuslah pada setiap menit saat Anda berada di kursi pengemudi. Pengemudi baru juga harus menghindari musik bervolume tinggi dan percakapan yang mendalam dengan sesama penumpang. Jauhkan ponsel dari Anda.

 

4. Raih Pedal Gas

Pastikan kaki Anda mencapai pedal saat Anda melakukannya. Lutut Anda harus ditekuk pada 120 derajat saat Anda mencoba mengayuh pedal mobil Anda. Untuk hal ini perlu memastikan yang mana gas dan mana yang rem. Jangan sampai Anda salam dalam menekan rem, karna hal ini yang sering menimbulkan terjadinya kecelakaan.

 

5. Posisi Roda Kemudi

Posisi roda perlu diperhatikan agar Anda bisa dengan mudah saat membelokan setir, dan pastikan keadaan dalam posisi netral. Ini membantu dalam memiliki kendali terbaik atas kemudi dan dengan demikian membelokkan mobil dengan mudah.

 

6. Gunakan Sinyal Giliran

Pastikan Anda telah menguasai semua sinyal belok sebelum Anda mulai mengemudi. Penggunaan yang salah dari simbol-simbol ini dapat membuat Anda mendapatkan banyak masalah dan dapat mengakibatkan kecelakaan besar.

 

7. Coba dengan Perlahan

Saat Anda baru mulai berkendara ukuran kecepatan sangat penting untuk di perhatikan, jangan samapai Anda kebut-kebutan karena biasa bagi pemula akan kagok saat menginjak gas dan rem. Oleh arena itu perlu mencari guru yang bisa mengawal Anda saat berkendara mobil. Ingat Anda baru dalam mengemudi dan sekarang bukan waktunya untuk menginjak pedal gas. Itu selalu bisa dilakukan bila Anda telah menguasainya. Namun, mungkin terlihat menggoda, hindari ngebut.

 

8. Cari Tempat Khusus Untuk Belajar

Untuk menghindari terjadinya kecelakaan saat berkendara, Anda bisa mencari lapangan kosong untuk tempat Anda belajar. Agar Anda bisa lebih santai dan terhindar dai gangguan mobil lainnya.

 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda coba Anda lakukan dalam belajar berkendara mobil. Perlu mencari tahu terlebih dulu cara berkendara yang baik agar bisa mengetahui teori sebelum Anda praktek dijalan secara langsung.