Tips Kelola Tim Jarak Jauh
Tips trik

5 Tips Mengembangkan Keterampilan Mengelola Tim Saat Jarak Jauh

Apakah Anda memiliki beberapa orang yang melakukan telecommute ke kantor atau tim virtual yang besar, karyawan jarak jauh sekarang menjadi norma. Menemukan karyawan jarak jauh yang andal, tetapi juga mengelola tim Anda secara efektif dari jauh dapat menjadi tantangan.

 

Karyawan dan pemimpin perlu memahami peran mereka, termotivasi untuk bekerja keras, dan berkomunikasi dengan anggota tim lainnya. Penting juga untuk dipahami bahwa industri tertentu lebih cocok untuk peluang jarak jauh.

 

Misalnya, perusahaan asuransi mungkin memiliki Perwakilan Layanan Pelanggan, Spesialis Klaim, Auditor, Penjamin Emisi, dan lebih banyak lagi yang bekerja dengan sukses dari mana saja di dunia sementara perwakilan penjualan farmasi mungkin memerlukan lebih banyak interaksi tatap muka dengan klien.

 

Berikut adalah 5 cara untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan jarak jauh Anda dan mengurangi stres dalam mengelola tim Anda:

 

1. Jadwalkan Pertemuan Rutin

Jika Anda memiliki kontraktor atau karyawan, mengadakan rapat sekali seminggu atau sekali setiap beberapa minggu memungkinkan tim jarak jauh Anda memberikan pembaruan dan mengajukan pertanyaan.

 

Ini cara yang bagus untuk lebih mengenal tim Anda dan mendorong dialog terbuka. Anda akan merasakan bagaimana rencana pengembangan kepemimpinan Anda berjalan dan dapat membuat perubahan yang menguntungkan perusahaan Anda.

 

Khawatir tentang biaya telepon jarak jauh? Gunakan alat seperti Zoom, alat konferensi video gratis yang memudahkan semua orang untuk terhubung.

 

2. Jangan Lupakan Budaya Perusahaan Anda

Hanya karena Anda tidak memiliki kantor yang penuh dengan karyawan, bukan berarti Anda tidak dapat memiliki budaya perusahaan yang kuat.

 

Bagikan visi, pernyataan misi, dan tujuan perusahaan Anda dengan karyawan Anda. Biarkan mereka berkontribusi sebanyak mungkin pada identitas perusahaan Anda dan hargai keterampilan dan kekuatan mereka.

 

Anda bahkan mungkin memperhatikan bahwa beberapa karyawan Anda memiliki kualitas kepemimpinan dan Anda dapat membantu mereka mengejar pelatihan kepemimpinan jika mereka tertarik.

 

3. Tetapkan Ekspektasi yang Jelas

Karyawan di kantor memiliki gagasan yang jelas tentang jam kerja, aturan, dan pedoman, tetapi karyawan jarak jauh mungkin tidak. Menambah kesulitan: karyawan jarak jauh Anda mungkin berada di zona waktu yang berbeda.

 

Sebagai bagian dari rencana pengembangan kepemimpinan Anda, pertimbangkan kebutuhan bisnis Anda dan pikirkan tentang apa yang dapat Anda harapkan dari karyawan. Sebagai contoh:

• Semua email harus ditanggapi dalam waktu 24 jam

• Karyawan tidak perlu menanggapi email atau bekerja di akhir pekan

• Jam mingguan harus diserahkan pada Kamis malam untuk penggajian

 

4. Gunakan Alat Pelacak Waktu

Sebagai pemilik usaha kecil, Anda perlu fokus pada memaksimalkan produktivitas. Alat pelacak waktu akan membantu karyawan tetap bertanggung jawab dan memungkinkan Anda meninjau kinerja mereka.

 

Alat pelacak waktu juga membantu karyawan dengan menghemat kerumitan melacak waktu secara manual dan membantu mereka fokus pada satu tugas pada satu waktu daripada terganggu.

 

5. Terorganisir dan Fleksibel

Meskipun Anda memiliki ekspektasi tertentu dari staf Anda dan membutuhkan mereka untuk memenuhi tenggat waktu, hargai cara kerja terbaik karyawan Anda.

 

Beberapa orang perlu mengajukan lebih banyak pertanyaan daripada yang lain. Beberapa karyawan suka bertukar pikiran dengan anggota tim lainnya, sementara yang lain suka bekerja sendiri. Beberapa kontraktor mungkin mendapat manfaat dari pelatihan kepemimpinan, sementara yang lain tidak tertarik untuk memperluas peran mereka.

 

Selain pertemuan mingguan atau dua mingguan, ada cara sederhana yang dapat dilakukan oleh karyawan jarak jauh Anda – baik melalui teks atau pesan online. Dorong komunikasi dan mudahkan karyawan Anda untuk menghubungi Anda dengan pertanyaan atau masalah.

 

Ini adalah proses belajar juga untuk Anda. Pertimbangkanlah untuk pelatihan kepemimpinan di lapangan. Mengelola tim jarak jauh Anda bisa jadi sulit pada awalnya dan akan selalu ada tantangan di sepanjang jalan.

 

Jika ada sesuatu yang tidak berfungsi, ubahlah. Dengarkan umpan balik karyawan Anda dan gunakan untuk meningkatkan.