Bicara Rileks Depan Umum
Tips trik

5 Cara Efektif Membuat Anda Rileks Saat Berbicara Didepan Umum

Jika pikiran untuk berbicara di depan banyak orang membuat Anda merinding, maka Anda adalah salah satu dari banyak orang yang mengalami kecemasan seperti itu. Menurut perkiraan tertentu, setidaknya 75% orang dewasa takut berbicara di depan umum. Kekhawatiran ini tidak jarang terjadi, dan dengan mengubah cara Anda memandangnya Anda dapat mengatasinya.

 

Menaklukkan ketakutan lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Namun, beberapa orang membutuhkan bantuan ekstra dalam hal itu untuk melakukan pendekatan positif dan mencapai kesuksesan. Seringkali dengan bantuan kursus berbicara di depan umum masalah apa pun dapat diatasi.

 

Mendapatkan bantuan yang tepat di kursus-kursus semacam itu menyajikan semua alat yang diperlukan untuk memerangi emosi negatif dan mengubah arus yang menguntungkan Anda. Berikut beberapa metode yang terbukti berhasil:

 

1. Membuat Penonton Tertawa 

Salah satu cara yang sangat mudah untuk membuat penonton terlibat adalah dengan membuat lelucon sejak awal. Itu selalu membuat pidato diarahkan ke arah yang benar, selama itu masuk akal. Meringankan suasana dengan cara itu bisa langsung membuat Anda lebih rileks, karena Anda akan melihat wajah tersenyum dan bukan tampang kaku.

 

Efeknya bahkan lebih ditekankan saat Anda membuat penonton menertawakan sebuah cerita tentang Anda. Tertawa adalah alat terbaik untuk menghilangkan tembok antara pembicara dan hadirin, yang membedakan mereka sebagai dua sisi yang sangat berbeda.

 

2. Fokus Pada Orang yang Memperhatikan

Perasaan bahwa apa yang Anda katakan tidak menjangkau audiens Anda bisa mengganggu. Tanda-tanda ketidaktertarikan pada pendengar Anda dapat membuat Anda merasa buruk dan kehilangan motivasi, yang berdampak negatif pada kinerja Anda. Dalam hal ini, Anda bisa mencari orang yang mengangguk. Berfokuslah pada hal itu dan Anda akan segera merasa jauh lebih percaya diri. Ini akan memenangkan minat individu lain.

 

3. Mengekspresikan Emosi 

Jika upaya terbaik Anda untuk menghilangkan ketegangan tidak berhasil, ada alternatif. Yang dapat Anda lakukan adalah menyembunyikan ketegangan alih-alih mencoba menghentikannya. Cara kerjanya adalah dengan mempermainkan emosi positif dengan benar-benar memusatkan perhatian pada kegembiraan dari cerita yang Anda ceritakan.

 

Ini adalah sesuatu yang akan Anda dengar dari banyak pakar berbicara di depan umum, yang menyarankan bahwa jauh lebih diinginkan untuk menutupi satu emosi dengan emosi lainnya, daripada menekannya.

 

4. Berlatih Berbicara

Ada kepercayaan umum bahwa Anda cukup pandai berbicara atau tidak. Namun, dimungkinkan untuk menginvestasikan waktu dan tenaga dan menjadi lebih baik dalam berbicara di depan umum. Buat video dari setiap pidato yang Anda berikan dan tinjau untuk mengidentifikasi bagian dari kinerja Anda yang dapat Anda tingkatkan. Latihan membuat sempurna, ingatlah itu.

 

5. Bersiap untuk Kesalahan

Selalu untuk sebuah kesalahan itu adalah sesuatu yang bahkan diketahui oleh para profesional – setiap orang membuat kesalahan. Itu tidak buruk karena itu membuatmu lebih manusiawi. Namun, itu membuat Anda lebih tidak nyaman, dan ini juga mencerminkan penonton. Siapkan lelucon jika terjadi kesalahan saat Anda membuat kesalahan.

 

Ini hanya beberapa dari metode yang diajarkan dalam kursus berbicara di depan umum agar Anda bisa tetap rileks saat berbicara di depan umum. Terapkan sekarang dan Anda akan melihat betapa efektifnya cara ini. Semoga bermanfaat.