3 Langkah Menghentikan Kebiasaan Menunda-nunda
Motivasi

3 Langkah Untuk Menghentikan Kebiasaan Menunda-nunda

Kebiasaan Menunda suatu hal merupakan kebiasaan buruk yang harus segera di rubah, Karena akan berdampak negative pada masa waktu yang akan datang. Bila tidak cepat diatasi, kebiasaan menunda dikhawatirkan akan terbawa sampai Anda dewasa kelak.

 

Sangat mudah untuk menunda sampai besok apa yang harus kita selesaikan hari ini. Sayangnya, hal itu cenderung membuat Anda semakin tertinggal dalam pekerjaan Anda, dan menganggap Anda tidak peduli dengan waktu orang lain, atau tidak mampu mengatur hidup Anda sendiri.

 

Pelajari orang-orang yang paling sukses di dunia ini, dan Anda akan menemukan bahwa mereka cenderung sangat tepat waktu. Mereka menyelesaikan pekerjaan mereka sebelumnya, dan tidak pernah menunda tugas-tugas penting. Dan ketika harus berada di tempat yang seharusnya, mereka tahu bahwa menjaga rutinitas dan jadwal penting untuk mempertahankan kendali atas waktu mereka, dan akan berusaha keras untuk tetap berpegang pada rencana mereka.

 

Berikut tiga langkah yang dapat Anda Lakukan untuk menghentikan kebiasaan menunda-nunda :

 

1. Kenali Penyebab Psikologis Penundaan

 

Secara psikologis, ada banyak alasan orang menunda-nunda.Pertama, lebih mudah bagi pikiran bawah sadar Anda untuk rileks daripada secara aktif mengejar tujuan sadar Anda. Tetap diam atau bersenang-senang terasa menyenangkan dan bermanfaat saat ini, sedangkan menempatkan diri Anda melalui upaya mental dari aktivitas yang tidak nyaman tidak memberikan hasil instan. Jadi bagian-bagian tertentu dari otak Anda selalu ingin menarik Anda kembali ke tempat tidur, ke sofa, atau ke Facebook jika Anda tidak memiliki kebiasaan yang baik.

 

Alasan lain mengapa orang cenderung terlalu banyak menunda adalah karena mereka tidak termotivasi oleh tujuan di depan mereka. Ketika Anda secara pribadi tidak bersemangat untuk mencapai sesuatu, alam bawah sadar Anda akan menghentikan Anda untuk bertindak atasnya. Otak rasional Anda mungkin tahu bahwa atasan Anda menginginkan laporan itu di penghujung hari, tetapi itu tidak terasa mendesak bagi Anda, yang berarti akan membutuhkan banyak kemauan keras untuk bergerak.

 

Dan akhirnya, orang dengan harga diri rendah cenderung menjadi orang yang paling sering menunda-nunda. Mereka mungkin merasa takut akan kesuksesan, atau seolah-olah mereka tidak pantas mendapatkannya. Jadi, mereka menyabotase sendiri upaya mereka dengan menunda hingga menit terakhir, melewati tenggat waktu, dan membuat tidak mungkin melakukan pekerjaan terbaik mereka.

 

2. Hadapi Masalahnya Secara Langsung

 

Terlepas dari masalah mana yang menghentikan Anda untuk datang tepat waktu atau menangani tugas-tugas penting saat Anda seharusnya, cara terbaik untuk mengatasi penundaan adalah dengan mengatasi masalah secara langsung dengan beberapa strategi yang jelas.

 

Yang pertama adalah membuatnya lebih sulit untuk menunda. Contoh klasik dari ini adalah orang yang meletakkan jam alarm mereka di ruangan lain. Untuk mematikannya, mereka harus bangun dari tempat tidur, berjalan ke tempat lain. Itu ilustrasi sederhana, tetapi mungkin ada banyak cara untuk menghilangkan gangguan dalam hidup Anda dan menyelesaikan sesuatu dengan lebih cepat.

 

Anda juga dapat memberi tahu orang lain bahwa Anda sedang mencoba menghentikan kebiasaan menunda-nunda. Dorong mereka untuk mengakuinya ketika Anda terlambat, atau buat perjanjian dengan mereka bahwa Anda akan menyisihkan beberapa dolar setiap kali Anda melewatkan tenggat waktu atau menunda sesuatu. Hukuman sederhana semacam itu cukup untuk menciptakan rasa tanggung jawab dan membuat Anda memikirkan kebiasaan Anda.

 

3. Mulai Untuk Membiasakan Tepat Waktu

 

Jangan berharap Anda akan membuat keputusan untuk berhenti menunda-nunda dan dapat mengubah perilaku Anda dalam sekejap. Seperti halnya semua kebiasaan, penundaan adalah sesuatu yang tertanam kuat di tingkat pribadi dan emosional. Anda mungkin mengalami beberapa kesalahan, tetapi jika Anda bersedia mengakui masalah dan mengambil langkah untuk memperbaikinya, yakinlah bahwa Anda akan menyesuaikannya seiring waktu.

 

Penundaan merusak produktivitas Anda, harga diri Anda, dan posisi Anda dengan orang lain. Tetapi begitu Anda terbiasa bersikap proaktif, datang tepat waktu, dan menolak untuk menunda-nunda ketika Anda dapat menyelesaikannya segera, Anda akan mulai merasa lebih efektif dan menjadi lebih baik. Kemudian pikiran untuk tidak menyelesaikan sesuatu akan mulai terasa aneh bagi Anda.

 

Anda mungkin tipe orang yang menunda-nunda sampai menit terakhir sepanjang hidup Anda, terus-menerus terlambat dari satu tugas, rapat, atau janji temu ke tugas berikutnya. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukan perubahan. Jangan tunda perbaikan ini sampai nanti. Anda akan kagum pada betapa Anda akan merasa jauh lebih baik, dan betapa orang lain akan menganggap Anda jauh lebih serius begitu Anda menjadi tipe orang yang tidak menunda-nunda.