Olahraga yang tidak boleh untuk jantung
Kesehatan

10 Olahraga Yang Tidak Disarankan Untuk Penderita Jantung

Olahraga memang menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan diri, namun tidak semua orang dengan kondisi tubuhnya dapat melakukan kegiatan yang menguras stamina tersebut. Pada beberapa penyakit yang membuat seseorang tidak boleh melakukan aktivitas berolahraga pada dirinya, sebab jika tetap memaksakan akan berakibat fatal bagi penderita penyakit tersebut.

 

Salah satu penyakit yang tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga secara berlebihan adalah gangguan jantung. penyakit yang paling banyak dialami golongan usia diatas 40 tahun itu tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga secara berlebihan.

 

Di dalam olahraga dikenal istilah gerakan aerobik dan gerakan anaerobik. gerakan aerobik adalah gerakan yang mengandalkan gerak dinamis dari tubuh, sedangkan gerakan anaerobik adalah gerakan yang mengandalkan tenaga.

 

Kegiatan yang mengandung gerakan anaerobik yang dilakukan dengan intensitas tinggi sangat berbahaya bagi penderita jantung. Penderita jantung diharuskan menghindari olahraga yang membutuhkan intensitas tinggi dan banyak gerakan anaerobik nya.

 

Berikut ini kegiatan-kegiatan olahraga yang di larang bagi penderita jantung karena lebih besar mengandalkan gerakan aerobik dan intensitas yang lebih tinggi yaitu:

 

1. Renang

Sebagaimana semua orang tahu bahwa renang merupakan salah satu jenis olahraga yang menguras banyak tenaga. Namun ada beberapa gerakan dalam renang yang bersifat aerobik sehingga diperbolehkan. Gerakan-gerakan dalam renang yang dilakukan dengan mengeluarkan tenaga besar bisa berbahaya bagi penderita jantung, salah satunya seperti renang gaya dada yang biasa dilakukan dalam perlombaan.

 

2. Badminton

Badminton juga merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak mengandung gerakan anaerobik. Gerakan gerakan seperti smashshing tentu membutuhkan tenaga yang besar. maka dari itu olahraga ini sebaiknya tidak dilakukan oleh penderita jantung.

 

3. Sepak Bola

Sepakbola juga membutuhkan banyak gerakan spirit dan menendang bola dengan kuat, bahkan beberapa situasi juga diperlukan duel fisik. oleh karena itu olahraga ini sangat tidak dianjurkan untuk penderita jantung.

 

4. Basket

Begitu juga dengan basket, gerakan spirit, jump, dan shot adalah ciri khas jenis olahraga ini. Belum lagi ditambah duel fisik dalam situasi-situasi tertentu.

 

5. Hokey

Hokey merupakan salah satu jenis olahraga yang keras untuk itulah olahraga ini mewajibkan memakai pelindung. gerakan yang paling dominan dalam olahraga ini adalah spirit dan memukul bola menggunakan tongkat sehingga membutuhkan gerakan anaerobik dan intensitas yang tinggi.

 

6. Marathon

Marathon memang bukan sprint yang membutuhkan intensitas dan banyak pelepasan energi, tetapi maraton adalah olahraga dengan tempo yang panjang. hal ini juga tidak baik karena jantung berdenyut di atas frekuensi normal dalam waktu yang lama.

 

7. Dance

Dance yang dilarang di sini adalah dance dengan gerakan-gerakan yang memerlukan banyak usaha menahan nafas. artinya yang intensitasnya tinggi sedangkan dan seperti senam aerobik justru sangat dianjurkan.

 

8. Sprint

Sprint sangat tidak diperbolehkan sebab membutuhkan banyak energi. Walaupun hanya pada dasarnya hanya dilakukan padajarak pendek.

 

9. Angkat Beban

sangat jelas bahwa olahraga ini membutuhkan intensitas yang tinggi, bahkan sampai harus menahan napas. Jadi olahraga ini sangat tidak dianjurkan untuk penderita jantung.

 

10. Tenis

Jenis merupakan salah satu olahraga yang banyak mengandung gerakan anaerobik, hampir sebagian besar. Kemungkinan olahraga ini dilakukan secara aerobik pun sangat kecil, sehingga penderita jantung tidak perlu melakukan olahraga ini.

 

Nah itulah aneka olahraga yang tidak disarankan untuk penderita jantung, marilah kita lebih selektif lagi memilih kegiatan atau olahraga yang baik untuk tubuh.