Mengatasi Rambut rontok
Kesehatan

10 Cara Mengatasi Rambut Rontok

Setelah mengetahui penyebab kini Anda bisa langsung tahu cara mengatasinya. Usahakan, dengan bahan sealami mungkin. dengan begitu, tingkat keberhasilan tinggi serta tidak menimbulkan efek samping.

 

Menggunakan bahasa alami adalah cara mengatasi rambut rontok paling ampuh. Berikut ini adalah Cara mengatasi rambut rontok yang bisa anda terapkan:

 

1. Masker Buah Alpukat

 

Alpukat dikenal sebagai buah super. Khasiatnya tidak hanya berfungsi baik untuk kesehatan tubuh manusia akan tetapi juga rambut dan kulit kepala.

 

Alpukat mengandung banyak protein alami yang dibutuhkan oleh rambut untuk tumbuh. membuat masker alpukat pun mudah, cukup dengan menghaluskan alpukat dan mencampurnya dengan setengah sendok teh madu. Oleskan pada rambut dan tunggu sampai 10 menit sebelum dibilas bersih.

 

2. Minyak Jojoba

 

Minyak yang berasal dari tanaman Zizyphus jujube ini dapat merangsang sel dan hormon pertumbuhan rambut membuat rambut tumbuh lebih cepat dan tebal. cukup dengan memijat sedikit minyak jojoba ke kulit kepala, rambut pun niscaya akan tumbuh lebih sehat, panjang dan cepat.

 

3. Masker Telur

 

Kandungan sulfur di dalam putih telur mampu mengontrol sebum dan mengurangi kerontokan rambut. Caranya dengan mengaplikasikan dengan menggunakan kuas masker sampai ke ubun-ubun tunggu sampai kering lalu bilas menggunakan air hangat. agar rambut tidak bau, kalian bisa langsung mencuci rambut dengan shampo yang harum.

 

4. Masker Yogurt

 

Selain sebagai makanan dan minuman favorit banyak orang. Yoghurt juga bisa menjadi solusi rambut rontok.
salah satu penyebab rambut rontok adalah kurangnya asupan gizi sehingga membuat kulit kepala dan akar rambut kering kerontang.

 

Yogurt dapat kamu gunakan untuk mengembalikan kelembutan rambut, pilihlah jenis yogurt plain. Apabila tersedia madu boleh menambahkannya sedikit sebelum dioleskan ke rambut. Diamkan selama 10 menit sampai yogurt meresap lalu bilas menggunakan air hangat sampai bersih.

 

5. Masker Lidah Buaya

 

Lidah buaya mengandung segala nutrisi yang tepat untuk memperkuat rambut. Caranya, ambil isi dari lidah buaya lalu Haluskan, oleskan pada rambut dan diamkan selama 10 sampai 15 menit. Bilas menggunakan air hangat sampai bersih.

 

6. Jangan Terlalu Sering Keramas

 

Cara mengobati rambut rontok berikutnya adalah dengan tidak terlalu rutin keramas. Menjaga kebersihan memang penting namun keramaslah secukupnya, sesuai dengan kondisi rambut. Untuk rambut kering, lakukan 3 hari sekali sedangkan untuk rambut berminyak keramas rambut sebanyak 2 hari sekali.

 

7. Masker Jambu Biji

 

Jambu biji kaya akan vitamin C, jambu biji sering dijadikan bahan utama pembuat obat atau serum kecantikan.
Selain vitamin C jambu biji juga kaya akan vitamin B3, B5 dan B6.

 

kandungan-kandungan di atas berfungsi sebagai nutrisi rambut kering dan patah-patah. tidak cuman itu vitamin B6 juga dapat membersihkan permukaan kulit kepala dari segala macam kotoran seperti debu, keringat, dan ketombe berlebihan.

 

Siapkan satu jambu biji, hancurkan sampai lembut Lalu campurkan dengan 1 putih telur, aduk sampai masker terlihat kental. Jika anda mempunyai madu atau yogurt bisa ada campur kan ke dalam masker jambu biji yang telah dihaluskan tadi. Oleskan masker pada rambut, mulai dari kulit kepala sampai ujung rambut.

 

Sambil menunggu 30-40 menit, pijat rambut dengan gerakan melingkar, bilas menggunakan air hangat sekali, lalu bersihkan ulang dengan menggunakan shampo agar rambut tidak lengket.

 

8. Minyak Kelapa

 

Minyak kelapa dapat digunakan sebagai solusi rambut rontok sebelum dan sesudah keramas, semuanya tergantung dengan kondisi kulit kepala. Jika kondisi kulit kepala sedang berminyak, pijatkan minyak kelapa pada kulit kepala beberapa jam sebelum keramas.

 

Namun apabila kulit kepala dan rambut sedang kering-keringnya, minyak kelapa organik dapat dijadikan minyak rambut tanpa harus dibilas. tidak hanya berfungsi sebagai cara mengurangi rambut rontok, minyak kelapa juga dapat membuat rambut lebih berkilau dan cepat panjang.

 

9. Peppermint

 

Mengatasi rambut rontok juga bisa dibantu dengan menggunakan papermint atau minyak daun mint. Menurut US Nasional Library Of Medicine,minyak daun mint dapat meningkatkan ketebalan kulit kepala serta jumlah folikel rambut.

 

bila kulit kepala sudah kuat, otomatis rambut rontok pun akan berkurang, tidak hanya itu minyak esensial ini juga mampu mempercepat pertumbuhan rambut. Caranya mudah, tuangkan sedikit minyak daun mint ke tangan, lalu pijatkan pada kulit kepala dengan gerakan melingkar sesuai arah jarum jam. Lakukan sebelum atau sesudah keramas.

 

10. Hindari Mengikat Rambut Terlalu Ketat

 

Obat-obatan herbal mungkin dapat mengatasi rambut rontok, akan percuma apabila kita tetap memperlakukan rambut kita secara kasar, menyisir terlalu kasar, menggosok shampo terlalu lama, dan mengikat/ mengucir rambut terlalu ketat dapat menyebabkan rambut rontok.

 

Ketika rambut diikat terlalu kencang, akar rambut pun otomatis akan tertarik, menyebabkan mudahnya rambut untuk rontok dan patah.

 

Jika langkah-langkah di atas sudah anda lakukan namun masih saja terjadi kerontokan rambut, segera konsultasikan ke dokter kecantikan anda. Semoga Bermanfaat.