toyota yaris

Ulasan Seputar Keunggulan dan Kelemahan dari Mobil Hatchback dan Perbedaannya dengan City Car

Bisnis

Tentu masih banyak di antara kita yang masih bingung dengan istilah mobil hatchback, city car, LCGC, SUV, MPV, dan sebagainya. Sebelum-sebelumnya, kita mungkin hanya mengenal istilah mobil sedan dan minibus saja, namun beberapa tahun belakangan ini pamor mobil hatchback kian meroket seiring populernya city car di Indonesia. Mobil hatchback merupakan sebuah mobil dengan desain compact, memiliki 2 lajur kursi penumpang serta pintu bagasi yang menyatu dengan kaca belakangnya. Mobil ini juga kerap disebut dengan sedan tanpa buntut.

Mobil hatchback seringkali disamakan dengan city car, namun sejatinya kedua jenis mobil tersebut memiliki perbedaan. Perbedaan yang mencolok di antara keduanya adalah soal harga dan mesinnya. Secara dimensi, mobil hatchback lebih besar ukurannya daripada city car, untuk urusan harga pun, mobil hatchback lebih mahal dibandingkan dengan mobil city car. Meski demikian, keduanya sama-sama menjadi mobil favorit masyarakat wilayah perkotaan karena lincah dan irit. Lalu lintas perkotaan yang akrab dengan kepadatan dengan kemacetan membuat banyak orang kemudian menjadikan mobil jenis ini sebagai pilihan. Seperti Toyota Yaris misalnya. Dari awal kemunculannya, sukses membuat animo masyarakat meningkat. Lantas apa saja keunggulan dari mobil mungil satu ini?

  • Dimensinya yang kecil membuat mobil hatchback dapat melesat di jalanan kota maupun meliuk-liuk di tengah padatnya lalu lintas.
  • Dari segi penggunaan biaya, mobil hatchback tidak kalah dengan LCCG, Toyota Yaris misalnya, 1 liter bahan bakar dapat untuk menempuh jarak 17 km.
  • Desain mobil hatchback trendi dan modern dengan garis bodi penuh yang aerodinamis identik dengan anak-anak muda.
  • Mesin kuat, bandel dan fiturnya lebih lengkap jika dibandingkan mobil-mobil LCGC.
  • Harganya masih cukup terjangkau.

Namun bukan berarti mobil hatchback tidak memiliki kekurangan. Meski merupakan mobil favorit khususnya di kalangan masyarakat perkotaan besar, mobil hatchback masih memiliki nilai minus jika dibandingkan mobil minibus seperti SUV atau MPV, salah satunya adalah kapasitas penumpang yang hanya mencapai 3-5 orang saja (maksimal), jika lebih dari itu maka akan mengganggu manufer mobil ini. Selain itu karena dimensi ground clearance nya yang cenderung rendah membuat performa mobil ini kurang maksimal dalam melewati genangan air, terutama saat musim banjir.

Dengan fitur dan fasilitas yang ditawarkan oleh mobil hatchback membuat mobil ini masih worth-to-buy. Selain itu, mobil hatchback juga sudah tersedia untuk transmisi manual maupun transmisi otomatis namun pada umumnya, mobil hatchback identik dengan transmisi matic karena lebih praktis digunakan di wilayah perkotaan. Selain itu, handling mobil hatchback juga lebih mantap dan dari segi interior cukup nyaman dan fleksibel. Untuk mobil hatchback, Toyota mengandalkan Yaris dan All-New Yaris, untuk LCGC Toyota Agya dan untuk city car ada Toyota Etios-Valco.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *