kekurangan dan kelebihan mobil murah

Ulasan Seputar Kelebihan dan Kekurangan dari Mobil Murah LCGC

Bisnis

Belakangan ini mobil LCGC seolah menjadi salah satu primadona bagi masyarakat Indonesia. Mengapa? Karena inilah mobil murah yang memang diperuntukkan khususnya bagi masyarakat yang tinggal di wilayah kota kecil maupun pedesaan. Sebenarnya mobil LCGC ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam pemerataan kepemilikan mobil. Hanya saja bisa dibilang program ini cukup gagal karena yang menikmati murahnya mobil LCGC justru masyarakat kelas menengah di kota-kota besar seperti Jakarta atau Bandung. Karena tergiur dengan harganya yang cenderung murah, membuat masyarakat kurang teliti dalam memahami kelebihan dan kekurangan dari mobil LCGC ini.

Beberapa kelebihan dari mobil LCGC di antaranya:

  • Harga.

Mobil LCGC atau mobil Low Cost Green Car bisa juga disebut dengan city car, meski beberapa city car harganya bisa melebihi mobil LCGC . Namun yang pasti, salah satu kriteria yang disyaratkan dalam penjualan mobil LCGC adalah harus murah. Bisa berkisar 100-120 jutaan rupiah. Namun beberapa produsen mobil ada yang membandrol produk LCGC-nya di bawah 100 juta rupiah. 

  • Irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

Mobil LCGC juga harus punya kriteria irit bahan bakar dan ramah lingkungan, sesuai dengan namanya “Green Car”. Kapasitas mesin mobil LCGC berkisar antara 980-1200cc dengan konsumsi bahan bakar yang setidaknya 1 liter untuk 20 km. Karena iritnya bahan bakar yang digunakan maka mobil LCGC otomatis merupakan mobil yang ramah lingkungan. Selain itu, mobil LCGC juga diklaim dapat mengurangi pemanasan global karena penggunaan Cetane Number (CN) 51 untuk yang bermesin diesel dan Research Octane Number (RON) 92 untuk yang non-diesel.

Selain memiliki kelebihan tersebut, mobil LCGC juga punya kekurangan sebagai berikut:

  • Tenaga dan bobot.

Rata-rata mobil LCGC hanya dibekali dengan mesin yang berkapasitas 980-1200 cc untuk yang non diesel dan 1500 cc untuk tipe diesel. Kapasitas tersebut terbilang cukup kecil untuk menghasilkan tenaga torsi maksimum, atau bisa dibilang mobil LCGC bukan mobil untuk dipacu dengan kecepatan tinggi. Selain itu bobot mobil LCGC yang ringan juga kurang cocok untuk membawa penumpang terlalu banyak, maksimal hanyalah 3-4 orang saja. Karena saat dibawa berkendara akan terasa oleng jika terkena angin atau berpapasan dengan kendaraan besar seperti truk atau bus.

  • Minim fitur keselamatan penumpang.

Karena dibanderol dengan harga murah, hal ini tentu akan berimbas pada pengurangan sejumlah fitur ataupun material. Salah satunya adalah pengurangan fitur safety pada mobil murah ini. Jadi jangan heran jika dari beberapa tipe terendah pada mobil- mobil LCGC tidak dibekali dengan fitur keselamatan seperti sistem pengereman ABS maupun airbag. Beberapa jenis mobil LCGC juga sering mengalami kasus tidak kuat beroperasi pada tanjakan sehingga ini cukup membahayakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *