Tips Tepat Saat Memilih Mobil Bekas di Showroom

Tips Trik

Mobil saat ini sudah banyak dimiliki oleh masyarakat seiring dengan kemudahannya dalam mengakses cara pembelian kredit. Kini dengan uang cash sekitar Rp. 30 jutaan Anda sudah bisa membawa pulang mobil baru asalkan pengajuan kredit Anda di ACC oleh pihak bank atau perusahaan pembiayaan. Karenanya jumlah pembeli mobil baru semakin meningkat dan mengurangi jumlah pembeli mobil bekas yang umumnya dilakukan secara cash. Jika dibandingkan pengeluaran langsung yang harus dikeluarkan calon pembeli untuk membeli kedua jenis mobil tadi, maka seolah-olah untuk membeli mobil baru justru membutuhkan dana yang lebih sedikit.

Padahal jika diteliti, sebenarnya membeli mobil bekaspun kini bisa dilakukan secara kredit. Cara yang paling mudah untuk membeli mobil bekas secara kredit adalah dengan membeli di showroom mobil bekas. Di showroom biasanya sudah ada perusahaan pembiayaan yang bekerja sama untuk memberikan akses pinjaman atau kredit bagi calon pembeli yang berminat dengan mobil bekas di showroom tersebut. Dengan harga mobil yang jauh lebih murah dibandingkan mobil baru, dan dengan cara pembayaran kredit maka uang muka yang dibutuhkan juga akan lebih sedikit dan masa kredit juga tak terlalu panjang.

Meski mobil bekas memiliki harga yang lebih terjangkau, namun Anda tetap bisa membeli mobil bekas yang berkualitas. Untuk memilihnya, sebaiknya mengikuti tips di bawah ini karena tak semua mobil bekas yang ditawarkan masih memiliki kualitas baik sesuai dengan harga jualnya:

  • Beli di showroom terpercaya.

Jangan sembarangan membeli mobil bekas karena standar kualitasnya yang tidak tetap seperti mobil baru. Belilah mobil bekas di showroom yang sudah memiliki nama besar sehingga standar produk yang dijual di sana sudah ditentukan.

  • Bandingkan.

Membanding-bandingkan barang adalah kunci agar Anda mendapatkan barang dengan kualitas terbaik dan harga yang sesuai. Jika ada 2 buah mobil dengan seri dan tahun pembuatan yang sama namun memiliki harga yang berbeda cukup jauh maka Anda bisa mempertanyakan perbedaannya dengan lebih detail. Dengan begitu Anda menjadi lebih mengetahui yang mana yang sebaiknya dibeli.

  • Lakukan cek ke bengkel terpercaya.

Setelah memiliki satu atau 2 kandidat mobil yang akan dibeli, pastinya tak mengapa jika mobil tersebut dicek untuk memastikan kondisinya. Pengecekan bisa dilakukan oleh tenaga service bengkel yang Anda percayai sehingga independent. Bagian yang perlu di cek adalah mesin, ban, bodi dan interior untuk memastikan kondisi mobil masih layak digunakan.

Dengan memperhatikan point-point di atas diharapkan Anda akan bisa memiliki mobil dengan dana terjangkau menggunakan sistem kredit. Selain harga yang terjangkau Anda juga akan memiliki mobil yang masih layak digunakan dan bisa berfungsi untuk waktu yang lama. Pemilihan merk mobil juga mempengaruhi kinerja, contohnya mobil merk Toyota yang meski sudah lama beroperasi masih layak dipakai untuk berbagai keperluan transportasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *