Tips Penanganan Mobil Matic yang Tidak Jalan Ketika di Gas

Tips Trik

Kebanyakan wanita lebih menyukai mobil matic, karena bisa dikendalikan dengan mudah dan cukup menekan 2 pedal gas saja. Mobil matic Toyota memang banyak di desain khusus untuk pengemudi wanita, mobil di buat ukuran kecil sehingga muat empat orang penumpang saja. Konsep ini bahkan di sukai anak muda untuk mobil pertamanya, bahkan ada beberapa jenis baru yang diluncurkan pabrikan Jepang itu khusus pasar Indonesia.

Dalam segi perawatan juga sangat mudah, karena sistem kontrol komputasi akan memudahkan untuk melihat kondisi mesin. Misalkan saat memanaskan mobil, akan ada petunjuk apakah air karburator kurang, batasan minimal jumlah oli hingga keadaan mesin. Jika ada lampu yang menyala berarti sesuatu tidak beres tengah di alami mobil dan akan langsung mendapatkan penanganan dari bengkel resmi Toyota. Bagaimana jika tiba-tiba mobil tidak bisa berjalan meskipun sudah di gas? Berikut ini cara penanganan awal yang tepat:

  • Mesin mobil mengalami slip atau los. Gejala tidak akan muncul secara langsung, mobil tetap bisa berjalan seperti biasa namun muncul masalah saat perpindahan gigi. Tiba-tiba mobil kehilangan tenaga dan mesin mobil mengeluarkan bunyi meraung, jika terjadi demikian, segera pindah transmisinya ke awal dan tepikan kendaraan. Coba kembali untuk starter mobil, masukan ke D dan coba naikkan kembali, jika masih mesin masih meraung dan tidak bertenaga sebaiknya bawa langsung ke bengkel terdekat dan jangan memaksa berjalan jarak jauh.
  • Transmisi tidak berganti secara otomatis. Untuk mobil matic, tidak perlu mengganti gigi secara manual, cukup tempatkan di D saja, mobil akan berjalan sesuatu kecepatan dari gas. Semakin dalam menginjak gas mobil, maka kecepatan akan bertambah, jika ini tidak terjadi maka bisa jadi ada kerusakan pada transmisi mobil. Biasanya karena lupa mengganti oli transmisi setelah pemakaian 2500 kilometer, memang lebih cepat dari penggunaan oli mesin.
  • Tuas transmisi sulit untuk digeser. Mobil matic tetap memiliki tongkat transmisi, namun lebih mudah karena hanya ada 4 kendali, berhenti, berjalan, menanjak dan ekstra semenjak. Mengalami kesulitan untuk mengganti tuas transmisi, biasanya macet karena pembuka mengalami penguncian. Kondisi ini tidak akan membuat mobil berjalan meskipun dilakukan penginjakan gas terus menerus.
  • Mobil tidak kuat di tanjakan. Posisi D hanya saat kondisi jalan datar, jika mulai jalan menanjak dan menurun, sebaiknya ganti posisi L1 dan L2. Mobil matic tetap tidak akan bisa menanjak dengan sempurna tanpa mengganti tuas transmisi, jika dipaksakan mesin mobil akan mengeram dan mudah panas, ini bisa memicu overhead.

Kerusakan mobil matic Toyota bisa segera selesai dan tidak membutuhkan banyak dana, jika mulai dari gejala sudah diperbaiki. Pengguna wanita harus tahu jika terjadi perubahan kondisi mobil, apalagi mobil dalam kondisi rusak dan dipaksakan terus menerus, akan memicu kerusakan pada bagian mobil lainnya yang lebih serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *