Tips Merawat Busi Pada Mobil Agar Bisa Lebih Awet

Tips Trik

Memiliki mobil yang sering kali bermasalah tentu saja hal yang sangatlah menjengkelkan. Dan hal yang macam ini pun sering kali dirasakan oleh para masyarakat masa kini yang kurang melakukan perawatan pada mobil secara teratur. Mobil pun juga dapat diibaratkan seperti manusia yang membutuhkan perhatian khusus agar performa mobil dapat berjalan dengan baik. Sedangkan melakukan perawatan secara rutin pada mobil ini pun juga mampu memberikan banyak manfaat yang dapat untuk Anda rasakan, karena melakukan perawatan yang secara rutin ini justru tidak akan menghabiskan banyak uang di kantong Anda, justru akan membuat Anda jauh lebih menghemat lagi.

Kerusakan pada mobil yang sering kali terjadi ini pun disebabkan karena pada bagian busi mobil itu sendiri. Sedangkan busi pada mobil pun memiliki fungsi untuk membersihkan pada percikan api yang ada di dalam ruang bakar mesin yang mana hal ini nantinya dapat memicu kebakaran yang ada pada ruang bakar. Sedangkan pada percikan api ini pun menyulut pada pembakaran bensin serta udara yang telah terkompresi di dalam tekanan yang tinggi.

Selain performa mobil menjadi tidak nyaman pada saat dikendarainya, maka mobil yang businya mengalami masalah ini pun juga dapat mempercepat matinya busi. Sehingga busi pada mobil itu sendiri pun harus diganti secara rutin, dan tentu saja hal ini juga akan menjadikan diri Anda mengeluarkan uang secara rutin. Sedangkan untuk menghindari dari keborosan yang harus mengganti busi mobil pada setiap harinya ini, maka alangkah baiknya jika Anda melakukan perawatan pada busi mobil agar tidak mengalami kerusakan lagi.

Berikut ini tata cara dalam melakukan perawatan pada busi mobil Anda yang sedang bermasalah, yaitu sebagai berikut ini:

  • Selalu periksa pada kondisi busi mobil.

Anda dapat melakukan pengecekan pada 2 hingga 3 bulan sekali untuk mengetahui kondisi pada mobil Anda.

  • Identifikasi kondisi busi.

Anda dapat melihat pada busi mobil milik Anda apakah kotor atau rusak, dan segera lakukan tindakan.

  • Pengaturan jarak elektroda.

Jarak elektroda ini harus diperhatikan dengan baik agar percikan api yang nantinya dihasilkan sesuai pada kebutuhan.

  • Pasang kembali busi Anda.

Untuk pemasangan busi kembali ini lakukan menggunakan tangan dengan cara manual dan setelah busi kencang barulah Anda kencangkan menggunakan kunci busi.

Melakukan perawatan pada busi mobil ini pun sebenarnya sangatlah sederhana. Akan tetapi cara yang sangatlah sederhana inilah yang justru disepelekan oleh banyak orang. sehingga menimbulkan masalah yang terdapat pada busi mobil ini pun juga sering kali terjadi karena kurangnya perawatan para pemilik mobil. Sedangkan apabila Anda melakukan perawatan mobil Anda sebaik mungkin tidak akan mengalami gangguan serta masalah pada mobil Anda, terutama pada bagian busi yang sangat rawan terhadap kerusakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *