tips merawat mobil

Tips Menjaga Kopling Mobil Agar Tidak Mudah Rusak

Tips Trik

Untuk komponen mobil yang satu ini sebenarnya tidak ada hal istimewa yang harus dilakukan dalam melakukan perawatan pada kopling mobil. Terlebih lagi untuk mobil-mobil yang masih baru yang belum mencapai 100.000 kilo meter untuk jarak tempuh kendaraannya. Hal ini disebabkan karena untuk kebanyakan mobil yang belum menempuh 100.000 kilometer maka system kopling masih dalam keadaan yang bagus, terkecuali apabila Anda tidak benar dalam penggunaannya kopling yang asal-asalan, tentunya hal ini juga akan menjadikan diri Anda harus mengganti plat kopling meskipun baru menempuh jarak 60.000 kilometer.

System pada kopling itu sendiri pun juga bertransmisi manual yang ada diantara pada mesin serta transmisi. Sedangkan untuk fungsi kopling itu sendiri pun digunakan untuk memutus serta untuk menyambungkan pada tenaga mesin yang ada ke roda dengan cara melalui transmisi. Mengingat bahwa untuk sebelum 100.000 kopling masih dalam keadaan yang baik, namun bukan berarti Anda tidak perlu untuk melakukan perawatan, akan tetapi Anda pun juga tetap harus melakukan perawatan dengan cara yang tepat dan benar agar kopling tetap terjaga dengan baik dan awet.

Melakukan perawatan ini pun sangatlah mudah untuk dilakukan, dan untuk perawatan yang dilakukan secara rutin dan dengan cara yang benar inilah yang akan membantu diri Anda untuk lebih menghemat keuangan Anda, karena kopling mobil Anda tetap dalam keadaan yang awet, dengan begitu maka Anda pun tidak perlu untuk mengeluarkan banyak uang pada saat kopling Anda mengalami gangguan atau bahkan hingga kerusakan kopling yang mengharuskan Anda untuk mengganti kopling mobil.

Untuk melakukan perawatannya, maka Anda dapat untuk melakukan cara seperti berikut ini:

  • Jangan meletakan kaki Anda pada pedal kopling terus menerus pada saat mobil jalan, karena hal ini bisa menyebabkan kehausan pada plat kopling dan hal ini dapat mempercepat kerusakan dibagian release bearing.
  • Pada saat antri atau pada tanjakan, maka jangan menahan mobil dengan cara setengah kopling, namun gunakan hand rem maupun rem tromol, karena hal ini dapat menyebabkan kampas kopling cepat menipis.
  • Jangan melepas kopling dengan cara yang kasar, karena hal ini dapat mengakibatkan kerusakan dibagian permukaan plat kopling yang menyebabkan plat kopling tidak rata dan menyebabkan kopling bergetar.

Dari beberapa cara yang ada di atas memang cara sederhana yang dapat untuk Anda lakukan agar perawatan kopling yang Anda lakukan mampu terjaga dengan sebaik mungkin sehingga perjalanan Anda pun juga tetap terjaga dengan sebaik mungkin, dengan begitu maka Anda pun tidak perlu untuk menghabiskan banyak uang ke bengkel, karena selama Anda menggunakan kopling mobil dengan cara yang tepat dan benar maka Anda pun tidak akan mengalami kerusakan pada kopling mobil Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *