Tips Melakukan Perawatan Pada Power Window Agar Tidak Mudah Rusak

Info Mobil Tips Trik

Melakukan perawatan pada mobil pada biasanya lebih berfokus pada bagian-bagian tertentu yang dapat terlihat mata saja, sehingga hal yang memang seharusnya juga dibersihkan dengan sebaik mungkin justru terlupakan, khususnya pada bagian sistem penggerak seperti power window. Sedangkan apabila power window ini mengalami masalah, misalnya seperti kaca mobil yang tersendat-sendat maupun untuk tombol yang macet, dan dari situlah yang memang harus Anda perhatikan dengan sebaik mungkin dalam melakukan perawatan pada power window.

Sedangkan kerusakan pada power window ini pun dapat disebabkan oleh adanya karat dibagian-bagian regulator dan di bagian regulator power window, terutama pada bagian gear di penggerak motor. Untuk karat yang ada ini pun juga disebabkan karena adanya celah yang ada pada seal pintu, dengan begitu maka masuk dalam power window. Agar pada bagian mobil ini tidak terganggu, maka Anda dapat untuk melakukan perawatan dengan cara yang tepat dan benar, agar power window pun juga dapat bekerja dengan sebaik mungkin. Berikut ini tata cara dalam melakukan perawatannya yaitu:

  • Apabila karet sudah mengeras atau sudah terputus, maka ada baiknya jika Anda menggantinya, karena untuk karet yang mengeras dapat mengkikis pada permukaan kaca, sehingga menjadikan kaca mobil tidak merata.
  • Tambahkan pelumas pada bagian kawat penarik kaca supaya kaca dapat bekerja dengan maksimal.
  • Agar pelumasan menjadi rata, maka Anda dapat menggunakan tombol power window untuk menurunkan dan menaikkan pada kaca secara bergantian.
  • Pastikan bahwa pelumas tidak mengenai pada karet bagian pintu, maka apabila hal ini terjadi maka hal ini akan menjadikan karet akan jauh lebih panas dan menyebabkan kerusakan dalam waktu singkat.
  • Meskipun pintu bagian belakang jarang digunakan pada saat Anda bepergian sendirian, maka tidak ada salahnya jika Anda sering mengoperasikan pada seluruh power window pada setiap harinya hal ini untuk mencegah timbulnya karat yang menempel.

Dari beberapa perawatan yang ada di atas maka Anda dapat untuk melakukannya sesuai dengan langkah-langkah yang ada, hal ini sangat penting untuk Anda lakukan dalam melakukan perawatannya agar power window mobil Anda pun juga tidak lagi mengalami gangguan atau kerusakan yang dapat menjadikan diri Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Melakukan perawatan dengan cara yang rutin dan dengan cara yang benar adalah suatu hal yang memang diwajibkan, selain untuk menjaga performa pada mobil Anda agar tetap bekerja dengan baik dan optimal, maka Anda pun juga akan sedikit menghemat pada biaya pengeluaran yang harus Anda keluarkan, dengan begitu maka Anda dapat untuk mengikuti pada beberapa cara yang ada di atas, dengan begitu maka hal ini pun tidak akan terlalu membuat Anda kesulitan dalam melakukan perawatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *