Tips Melakukan Perawatan AC Mobil Agar Tetap Dingin

Tips Trik

Berada didalam suasana kota yang panas selalu menuntut Anda untuk mencari sebuah pendingin seperti kipas angin ataupun mencari tempat yang memiliki AC. Seperti halnya dengan ketika Anda didalam mobil Anda pasti juga merasa panas jika kaca jendela ditutup, sehingga untuk menjadikan solusi udara yang panas didalam mobil maka Anda haru menghidupkan AC. AC atau Air Conditioner ini merupakan alat yang memiliki fungsi untuk mendinginkan suatu ruangan atau mobil. Untuk itu Anda tentu menginginkan jika mobil Anda memiliki AC yang berfungsi secara baik.

Sekarang ini semua mobil yang beredar di Indonesia sudah memiliki AC terutama mobil Toyota. Sehingga Anda tidak perlu bingung ketika Anda berada dalam perjalanan jauh dan merasa panas. Sebenarnya udara sejuk juga bisa Anda dapatkan dengan membuka kaca jendela mobil Anda, tetapi memperhatikan faktor keselamatan lebih baik jika Anda menutupnya saja untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Perangkat AC yang berfungsi sebagai pendingin mobil terkadang juga bisa rusak karena Anda tidak melakukan perawatan yang mengakibatkan AC bukannya dingin tetapi menimbulkan udara yang panas.

Merawat AC agar selalu bisa digunakan dengan optimal adalah hal yang sangat penting untuk Anda lakukan. Perawatannya pun tidak sulit dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut ini:

  1. Membersihkan kondensor dengan teratur, caranya yaitu dengan menyemprotkan air ketika Anda sedang mencuci mobil Anda.
  2. Pastikan kondisi kabin mobil Anda tidak berdebu, karena jika berdebu maka debunya akan masuk kedalam kolong AC sehingga membuat AC mengeluarkan baru yang tidak sedap dan juga tidak terlalu dingin.
  3. Menggunakan filter untuk menyaring debu masuk kedalam kolong AC.
  4. Periksalah kabin secara teratur dan jangan lupa untuk membersihkannya.
  5. Terkadang ada pula mobil yang menggunakan kipas kondensor sebagai AC, Anda juga harus memperhatikan bahwa rotasi putaran dari kipas tersebut benar dan teratur.
  6. Jangan membuka jendela karena hal ini kan membuat debu dan kotoran masuk kedalam mobil dan akan masuk pada bagian kabin.
  7. Jangan merokok sat Anda menghidupkan AC didalam mobil, karena ini dapat ,mengganggu dari kinerja evaporator AC tersebut.
  8. Untuk mendapatkan ruangan mobil yang harum, maka Anda bisa menggunakan pengharum mobil khusus yang bisa dipasang dan tidak mengganggu kinerja dari AC ini.

Melakukan pengecekan AC secara teratur akan membantu Anda mendapatkan AC yang tetap stabil dingin. Jangan lupa untuk melakukan perawatan dan juga pembersihan pada kabin dan juga evaporator serta pastikan bagian tersebut selalu dalam keadaan bersih. Jangan lupa untuk melakukan beberapa pengecekan untuk dapat mengetahui jika ada kerusakan yang terjadi pada AC mobil Anda. Jika Anda tidak bisa memperbaiki AC ini secara sendiri maka Anda bisa membawanya ke bengkel terdekat Anda. Tetapi jika Anda melakukan perawatan yang benar maka akan mengurangi kemungkinan AC mobil Anda rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *