Tips Liburan yang Aman dan Nyaman dengan Mobil Pribadi

Tips Trik

Tak terasa sebentar lagi kita memasuki penghujung tahun, artinya musim liburan akan segera tiba. Liburan bersama teman, pasangan atau keluarga dengan mobil pribadi memang menjadi salah satu pilihan paling praktis dan mudah mengingat Anda tak perlu repot-repot melakukan reservasi tiket transportasi yang seringkali sulit didapat di musim liburan. Namun terkadang, orang banyak yang melupakan berbagai persiapan penting sebelum berlibur dengan menggunakan mobil sehingga berakibat pada terganggunya keamanan, keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan berlibur. Oleh sebab itu jangan sampai Anda alpa dalam melakukan persiapan baik untuk kendaraan Anda maupun untuk diri Anda sendiri.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips liburan aman dan nyaman dengan mobil pribadi agar dapat sampai tujuan dan kembali lagi ke rumah dengan selamat dan sehat:

  •  Pastikan mobil dalam keadaan baik.

Coba ingat kembali kapankah Anda terakhir menservis mobil Anda, jika ternyata Anda melewatkan servis rutin mobil Anda maka sebelum Anda menggunakannya berlibur segera bawa ke bengkel resmi mobil Anda. Jika mobil Anda adalah mobil Toyota maka bawalah ke bengkel resmi Toyota pula. Namun jika Anda ternyata sudah melakukan servis rutin, maka saatnya Anda mengecek kembali mesin, busi, dan ban mobil dalam keadaan baik.

  • Bersihkan interior maupun eksterior mobil.

Meski itu adalah mobil pribadi Anda, namun demi kenyamanan para penumpang dan untuk menambah kepercayaan diri Anda membawa mobil Anda sendiri, bersihkan dulu mobil Anda sebelum bepergian, tidak perlu harus membawanya ke salon mobil. Jika Anda punya waktu, mencuci dan membersihkan bagian interior maupun eksterior mobil bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

  •  Jaga kondisi tubuh Anda.

Pergi selama musim liburan terutama dengan menempuh jarak jauh dan tanpa supir pengganti itu artinya Anda harus benar-benar siap secara mental dan fisik karena Anda akan berhadapan dengan kemacetan dan kepadatan lalu lintas dan kondisi cuaca yang berbeda-beda. Oleh sebab itu jauh-jauh hari sebelum berlibur, mulailah berusaha untuk menjaga kondisi badan Anda agar tetap prima selama perjalanan liburan mulai dari menghindari begadang atau istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, olahraga ringan dan perbanyak minum air putih.

  • Persiapan lainnya.

Jika Anda bukan tipe orang yang suka mempersiapkan bekal makanan di dalam mobil, Anda masih bisa membelinya di minimarket atau warung pinggir jalan, namun untuk obat-obatan tentu akan merepotkan jika harus membeli lagi di luar jadi jangan lupa membawa obat-obatan penting selama perjalanan. Jangan lupa jika Anda lelah menyetir dalam perjalanan jauh, segeralah beristirahat di rest area atau di pemberhentian lain seperti SPBU. Sebelum melanjutkan perjalanan, pastikan kondisi mobil Anda masih dalam keadaan prima dan selalu berdoa memohon perlindungan Tuhan Yang Maha Esa. Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *