Tape Mobil USB

Tape Mobil USB, Perangkat Audio Wajib dalam Mobil

Interior Mobil

Perangkat audio pada mobil sangat penting demi kenyamanan perjalanan Anda. Tanpa audio, perjalanan akan terasa membosankan, sehingga bukan tidak mungkin pengemudi akan mengantuk dan kurang konsentrasi. Salah satu perangkat wajib di mobil adalah tape mobil USB yang senantiasa menemani dengan musik dalam perjalanan Anda. Dengan adanya musik, maka perjalanan bisa lebih terasa menyenangkan, apalagi ditemani keluarga atau teman-teman dekat. Perjalanan jauh pun terasa lebih dekat.

Untuk lebih jelasnya tentang perangkat audio mobil, maka berikut ini ulasan jelasnya:

  1. Tape Mobil USBHead unit audio
    Head unit stereo system ini berfungsi untuk menjadikan suara yang keluar memiliki kualitas yang lebih baik. Hal ini lantaran had unit merupakan otak dari segala sinyal audio. Head unit juga sering disebut dengan tape mobil USB. Fitur yang ada di dalam head unit hampir sama seperti equalizer yang berfungsi untuk membatasi pelolosan frekuensi. Equalizer juga bisa digunakan untuk menyesuaikan suara frekuensi sesuai dengan genre musiknya.
  2. Power amplifier audio mobil
    Demi menikmati musik dengan kualitas bagus, maka mobil membutuhkan amplifier dengan mutu yang baik pula. Untuk itu pertama, Anda perlu menentukan selera musik Anda sehingga bisa memilih antara amplifier mono blok atau 4 kanal. Bagi pengguna pemula, amplifier multi kanal akan sangat cocok karena pemasangan yang praktis dan memakai daya yang tidak terlalu besar.
  3. Speaker audio mobil
    Speaker memiliki peran penting dalam sistem audio mobil. Fungsi speaker adalah untuk menghadirkan frekuensi pada gelombang suara. Jenis speaker sendiri banyak tersedia di pasaran sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Material speaker ada yang terbuat dari polypropylene, paper cone serta surround rubber. Bahan polypropylene dan Kevlar karbon biasa dipilih karena memiliki kualitas yang baik.

Berikut ini beberapa jenis speaker yang ada, diantaranya:

-Speaker split 2 way komponen, speaker ini banyak dipilih karena sudah mampu menghadirkan kualitas suara yang mumpuni. Komponennya adalah dari sepasang pasif crossover, midrange dan juga tweeter.
-Speaker coaxial, speaker ini lebih simpel dalam pemasangannya lantaran tidak adanya crossover dalam komponennya. Selain itu cara instal pun juga lebih mudah.
-Speaker 3 way, bagi pengguna yang mengutamakan kualitas suara dengan detail dan balance, maka speaker ini akan sangat cocok. Komponennya terdiri dari midrange, tweeter serta midbass yang terpisah antara satu dengan lainnya. Pemasangannya membutuhkan waktu lama karena perlu untuk membuat dudukan bagi speaker dulu.

4.Subwoofer
Subwoofer memiliki peranan penting dalam memberikan kualitas audio yang baik pada mobil, karena subwoofer berfungsi untuk menghadirkan nada yang rendah. Dengan tidak adanya subwoofer, suara yang keluar terasa kurang membahana dan sempurna. Berikut ini beberapa jenis subwoofer mobil, yaitu:

-Single coice coil, dengan daya yang relatif kecil dan cocok bagi penggemar genre jazz dan instrumen.
-Double voice coil, dengan desain konstruksi cukup besar, namun membutuhkan daya besar dalam penggunaannya karena suara bass yang dikeluarkan sangat menjanjikan.
-Aktif slim, dengan desain yang tipis dan praktis. Meski begitu, jenis subwoofer ini kurang mampu menghasilkan bass yang optimal.

Itulah beberapa perangkat audio yang harus ada dalam mobil Anda untuk hiburan selama perjalanan. Pastikan memasang tape mobil USB beserta seluruh kelengkapannya sehingga musik yang diperdengarkan lebih membahana. Pastinya Anda juga terhindar dari mengantuk jika suara musiknya optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *