Takut Rem Mobil Anda Mudah Rusak? Rawatlah dengan Cara Ini!

Tips Trik

Setiap mobil yang diperjualbelikan pastinya memiliki sistem rem yang sudah bagus, terutama jika mobil tersebut adalah mobil yang baru. Meski dalam keadaan bagus, Anda juga harus tetap memperhatikan dan merawatnya dengan baik dan benar agar terhindar dari kerusakan yang membuat Anda harus mengganti komponen tersebut. Selain itu, jika merawatnya dengan benar, maka resiko untuk mengalami kecelakaan dan hal yang tidak diinginkan pun akan semakin rendah, karena komponen tersebut dapat bekerja dengan baik. Untuk itu, Anda haruslah mengetahui bagaimana cara yang benar dan baik untuk merawat komponen tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips dan juga cara untuk menjadikan rem mobil Anda dapat dipakai dalam waktu yang lama dan berfungsi dengan baik.

 

  • Selalu Mengetesnya

Jika Anda baru saja membeli mobil baru dan ingin tahu jika rem yang ada pada mobil tersebut dapat berfungsi dengan baik atau tidak, maka Anda bisa mengetesnya. Meski pun diketahui bahwa setiap mobil baru memiliki kualitas rem yang baik, terutama kadar minyak remnya, namun untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi, cobalah untuk melakukan tes dengan coba berjalan maju dan juga mundur, lalu lakukanlah pengereman. Jika sudah terasa baik dan pakem, Anda pun bisa mulai memakai mobil tersebut dengan aman.

 

  • Pencuci Profesional

Memiliki mobil yang bersih memang dambaan semua orang. Namun, terkadang ada yang ingin mengirit uang dan melakukan pencucian mobil secara mandiri tanpa dibekali dengan pengetahuan tentang cara yang baik dan benar mencuci mobil, atau membawanya ke tempat cuci mobil, namun yang tidak profesional. Hal tersebut dapat membuat kesalahan pada rem Anda. Akan lebih baik untuk membawanya ke tempat cuci mobil profesional, karena mereka sudah paham betul cara menjaga komponen dalam mobil agar tidak terkena air dan menjadi rusak, melainkan tetap bersih dan dapat berfungsi dengan baik.

 

  • Servis 10.000 km

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi rem mobil selalu baik adalah dengan membawanya ke bengkel ketika sudah mencapai jarak tempuh sebanyak 10.000 km. Selain untuk diservis, bersihkan juga bagian dalamnya. Untuk memilih bengkel, pilihlah bengkel resmi atau yang sudah profesional agar mobil Anda selalu dapat bekerja dengan maksimal. Dalam membersihkan bagian dalam, tidak boleh dilakukan sembarangan, karena dapat menimbulkan goresan pada mesinnya.

 

  • Hidrolik dan Ganti Komponen

Selanjutnya, jika Anda menggunakan sistem pengereman hidrolik, maka akan disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin ketika mobil sudah mencapai jarak tempuh sebanyak 40.000 km. Selain itu, pastikan juga kapan Anda akan mengganti komponennya, agar jika memang ada komponen yang sudah tidak baik, maka Anda bisa menggantinya sesegera mungkin. Jika rem sudah bermasalah, maka biasanya timbul getaran yang tidak biasa ketika proses pengereman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *