Supaya Aman Melintasi Jalan Tol, Aplikasikan 4 Tips Berikut Ini!

Tips Trik

Teknik mengemudikan mobil yang Anda kuasai dijamin setiap harinya akan mengalami peningkatan karena dipraktekkan secara rutin. Semakin sering berjibaku dengan mobil semakin lihai Anda bermanuver sehingga semakin nyaman dengan mobilitas bersama kendaraan tersebut. Meskipun sudah sering mengemudi usahakan untuk tidak menyepelekan tips aman berkendara ketika berada di jalan raya. Sebab sekaya apapun pengalaman mengemudi Anda dijamin yang namanya resiko kecelakaan baik ringan maupun berat tetap akan mengancam. Terlebih ketika memasuki jalan bebas hambatan, yakni jalan tol yang super nyaman.

Tips Aman Mengemudi di Jalan Bebas Hambatan

Memasuki jalan tol biasanya pengemudi akan bisa bernafas lega karena tidak lagi kenal dengan lampu merah dan sepeda motor. Meskipun disebut bebas hambatan bukan berarti di dalamnya tinggal tancap gas saja, apalagi banyak kecelakaan terjadi disini. Supaya tetap aman simak tips berikut:

 

  • Memperhatikan setiap papan rambu lalu lintas,

Meskipun tidak akan menjumpai lampu merah disini tetap saja akan terdapat banyak plang rambu lalu lintas. Sempatkan untuk membacanya dan mematuhinya karena plang tersebut bukan hiasan jalan semata melainkan ada tujuan dan fungsinya. Kalau tidak diperhatikan bisa jadi salah memacu kecepatan.

 

  • Selalu menggunakan lajur jalan yang benar,

Jalan tol didesain untuk kendaraan roda empat atau lebih otomatis selain mobil pribadi nantinya juga ada bus dan truk. Ukuran kendaraan lain jelas lebih bongsor ketimbang mobil yang Anda kemudikan maka jangan asal melaju saja disini. Tetap gunakan lajur sesuai jenis mobil yang digunakan, paling aman adalah lajur di bagian tengah. Sebab bagian paling kiri umumnya untuk truk dengan muatan sementara di sebelah kanan dipergunakan untuk menyalip.

 

  • Menjaga jarak aman,

Kebanyakan orang memanfaatkan jalur bebas hambatan untuk ngebut sehingga sengaja memacu mobil dengan kecepatan maksimal. Tindakan ini tentu salah dan baiknya tidak diikuti karena paling aman adalah memacu kecepatan normal atau standart. Pastikan pula menjaga jarak aman, sebab meski di jalan tol tetap akan dijumpai pengemudi yang mengerem mobilnya sembarangan dan mendadak. Menghindari resiko tabrakan beruntun maka jarak aman adalah kuncinya, jadi jangan emosi untuk menyalip kendaraan lain.

 

  • Pahami metode pembayarannya,

Masuk ke jalan tol tidak segratis jalan biasa sehingga semua penggunanya dikenai tarif yang sudah ditentukan. Tarif ini dilihat dari jenis kendaraan yang digunakan, dan untuk mobil pribadi tentu berbeda dengan mobil truk. Supaya tetap aman selama di jalan tol usahakan menyiapkan uang pas untuk membayar tol di pintu keluar nanti. Kemudian bisa pula menggunakan e-toll card yang membantu membayar secara elektronik tanpa memakai uang tunai. Pilih metode yang sesuai dan siapkan jauh sebelum melintasi gerbang agar fokus mengemudi tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *