Simak Tahapan Tepat untuk Mengganti Ban Mobil Sendiri

Tips Trik

Saat Anda memutuskan untuk memiliki mobil, maka terdapat hal yang harus Anda kuasai atau setidaknya tahu caranya dan salah satunya adalah cara untuk mengganti ban mobil. Ban harus diganti jika kondisi ban lama sudah tidak layak misalnya ban mobil yang bocor. Pengetahuan ini wajib dimiliki oleh setiap pengguna dan pemilik mobil sehingga nantinya jika terpaksa harus mengganti ban mobil sendiri, misalnya saat tidak ada orang yang membantu, Anda bisa menggantinya sendiri.

Sebelum mengganti ban kendaraan roda empat Anda, maka Anda harus menepikan mobil Anda terlebih dahulu ke tempat yang aman sehingga selain tidak hanya menjaga keselamatan Anda namun juga tidak menghambat laju mobil orang lain. Kemudian pastikan rem tangan sudah digunakan dan jangan lupa gunakan lampu hazard serta segitiga pengaman sebagai tanda. Jika Anda berada di tanjakan atau turunan, jangan lupa gunakan batu sebagai ganjalan.

Siapkan peralatan dan perlengkapan yang Anda butuhkan mulai dari obeng, kunci roda, ban serep dan juga dongkrak mobil. Tempatkan perlengkapan tersebut di dekat Anda sehingga saat mengganti ban tersebut, Anda tidak perlu bolak-balik untuk mengambil perkakas. Tahapan pertama, buka bagian penutup lubang baut menggunakan obeng. Dengan kunci roda, kendorkan baut mobil dan jangan sampai lepas dengan cara memutarnya berlawanan arah jarum jam. Ketika mengendurkannya, lakukan dengan cara yang berseberangan antar baut 1 dengan yang berikutnya.

Kedua adalah dengan memasang dongkrak. Pilih di bagian yang dekat dengan roda yang punya cekungan atau di titik tempat untuk meletakkan dongkrak dan umumnya setiap mobil mempunyai titik dongkrak tersebut. Saat Anda memasang dongkrak, pastikan jika dongkrak tersebut posisinya tegal lurus antara tanah dan mobil, jika miring, ulangi kembali agar posisinya tegak lurus. Setelah itu baru gunakan dongkrak agar ban bisa terangkat dan Anda mudah untuk mengganti ban tersebut.

Tahapan selanjutnya dalam mengganti ban yang tepat adalah:

  • Buka baut pada ban setelah ban terangkat dan jangan lupa untuk menyimpan baut tersebut di tempat yang aman sehingga baut tidak menggelinding dan menghilang. Setelah baut terlepas, kemudian cobalah untuk melepaskan ban dari tempatnya dan dengan posisi tidur, letakkan ban tersebut di tempat yang aman sehingga ban tidak menggelinding dan membahayakan orang lain.
  • Ambil ban serep yang sudah disediakan sebelumnya dan kemudian pasang. Saat memasangnya, Anda perlu sedikit untuk menggoyangkan ban yang bertujuan agar posisi ban tersebut benar-benar tepat dan pas. Setelah yakin pas, maka pasang kembali baut dengan cara yang berseberangan antara satu dengan berikutnya namun jangan sampai mengencangkannya.
  • Turunkan dongkrak secara perlahan hingga ban benar-benar menyentuh ke tanah dan kemudian kencangkan semua baut searah jarum jam dan dengan pola bersilangan.
  • Simpan peralatan tersebut ke mobil dengan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *