Simak Beberapa Point Dasar yang Penting untuk Mengendarai Mobil Matic

Tips Trik

Terdapat 2 jenis mobil berdasarkan pada transmisinya yaitu mobil manual dan mobil matic. Mobil ini memiliki transmisi yang otomatis sehingga Anda tidak perlu pusing untuk mengetahui kapan mobil harus menambah gigi seperti di mobil transmisi manual. Mobil matic ini cocok digunakan di kota apalagi di tempat yang rawan macet sehingga Anda tidak capek memindah gear atau transmisi saat menjalankan mobil.

Terdapat point penting yang berkaitan dengan pengoperasian dari mobil matic. Pertama adalah Anda bisa mengatur sendiri kecepatan saat Anda berkendara tanpa harus bingung untuk menambah atau mengurangi gigi mobil. Kedua adalah hanya ada beberapa jenis mobil matic yang dilengkapi dengan sistem pengoperasian ekonomis. Ketiga adalah harus berhati-hati saat mengoperasikan tuas karena perpindahan dari tuas mobil tidak berlangsung secara bebas.

Keempat adalah mobil matic atau mobil transmisi otomatis untuk jenis CTV umumnya mempunyai tombol overdrive atau OD. Pada mobil tersebut terdapat step AT/AT sehingga fasilitas OD yang ada pada mobil tersebut tepatnya di tuas yang berfungsi untuk bisa memindahkan gigi. Jika ingin menonaktifkan OD tersebut, Anda bisa menggeser tuas ke posisi 3.

Untuk mengendarainya, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memastikan posisi tuas di P (parkir) atau di N (netral). Kemudian tunggu beberapa menit terlebih dahulu untuk memanaskan mesin dan transmisi bisa tercapai otomatis misalnya perpindahan gigi bisa lebih maksimal. Langkah kedua adalah pastikan rem sudah ditekan sebelum Anda menjalankan mobil ataupun sebelum menggeser tuas mobil untuk menghindari kerusakan pada mesin.

langkah dasar selanjutnya untuk mengendarai mobil matic Anda adalah:

  • Untuk perjalanan kondisi normal, tuas D untuk maju dan R untuk mundur. Jika untuk melalui jalanan tanjakan, turunan, jalan licin yang perlu bantuan pengereman mesin, geser tuas ke posisi 2 dan jika tanjakan atau turunan ekstrim geser ke posisi 1 atau ke L.JI.
  • Metode ekonomis bisa digunakan untuk menghemat BBM apalagi di jalanan yang macet. Sedangkan jika mode power, perpindahan kecepatan otomatis bisa berlangsung lambat sehingga menyebabkan mobil berakselerasi.
  • Tombol OD atau tuas ke posisi 3 untuk berakselerasi menggunakan gigi 3 misalnya ingin melaju lebih cepat atau mendahului mobil yang ada di depan Anda. Biasanya kecepatan yang dipergunakan adalah 60-80 km/jam. Apabila tombol OD tersebut off maka perpindahan kecepatan hanya bisa dilakukan pada gigi 3.
  • Jika ingin mengendarai mobil seperti mobil manual, pilih metode pengoperasian manual sehingga Anda bisa menambah ataupun mengurangi kecepatan mobil sesuai dengan yang Anda inginkan. caranya adalah dengan menggeser tuas ke posisi manual atau M. Geser tuas (+) untuk menambah kecepatan gigi dan (-) untuk mengurangi gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *