Perawatan AC Mobil untuk Membuatnya Bekerja Secara Optimal dalam Mendinginkan

Tips Trik

Sistem pendingin udara atau yang dikenal juga sebagai AC nyatanya memang tidak hanya dipakai di dalam ruangan atau rumah saja, melainkan juga dipakai dalam kendaraan. Pastinya bukan hal yang asing lagi bukan bagi Anda jika seandainya kondisi jalan raya yang jadi sangat panas dan berpolusi di siang hari. Hal ini sering kali menyebabkan stress, salah satu cara untuk mengatasinya adalah membuat mobil menjadi senyaman mungkin untuk digunakan, diantaranya adalah pemasangan AC atau pendingin udara.

Jika AC terpasang paling tidak nantinya suhu udara juga berubah menjadi lebih sejuk, aktifitas berkendara jadi semakin nyaman untuk dilakukan. Namun ada kalanya meskipun memberikan manfaat, maka AC pada kendaraan ini juga bisa menjadi mudah bermasalah. Kerusakan pada AC ini termasuk hal yang paling sering untuk terjadi, berikut ini setidaknya ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk langkah perawatan AC mobil , diantaranya adalah:

  1. Hindari merokok di dalam mobil, jangan pernah merokok ketika AC tengah dinyalakan, kondisi yang satu ini selain menyebabkan bagian penyaring udara atau filter kotor, maka bisa menjadi penyebab keracunan, beberapa kasus pernah terjadi ketika seseorang merokok di dalam mobil yang ber-AC menyebabkan terjadinya keracunan hingga kematian, karena udara yang ada di dalamnya penuh dengan karbon monoksida, sehingga menyebabkan gangguan pada aliran darah.
  2. Bersihkan filter mobil secara teratur, cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pembersihan filter kendaraan tersebut. Karena ketika filter dalam kondisi kotor menyebabkan udara tidak lagi dingin, begitu juga dengan mesin yang bekerja terlalu keras menyebabkan panas berlebihan atau overhead.
  3. Periksa kemungkinan terjadi kebocoran AC, ada kemungkinan-kemungkinan lain jika AC mobil tidak lagi dingin, diantaranya adalah kebocoran bagian pipa AC, hal ini terjadi karena beberapa kondisi, diantaranya adalah usia yang sudah terlalu tua, , pemakaian sparepart yang tidak asli atau KW hingga kerusakan bagian evaporator atau kondensornya.
  4. Jika mematikan dan akan menyalakan mobil pastikan kondisi AC ini mati, biasanya cara mematikan mobil yang salah tanpa diiringi dengan mematikan AC atau beberapa komponennya terlebih dahulu bisa menyebabkan terjadinya masalah.
  5. Ketika parkir kendaraan, sebisa mungkin tempatkan dalam area yang teduh atau dingin, karena mobil yang kondisinya panas memaksa AC untuk bekerja lebih keras guna mendinginkan suhunya kembali ketika tengah dinyalakan. Hal ini bisa memicu terjadinya kerusakan.

Terapkan cara mudah tersebut untuk memastikan bahwa AC kendaraan dalam kondisi yang maksimal untuk digunakan, tidak mudah mengalami kerusakan, jika memang rusak maka sudah waktunya untuk dibawa ke tempat service, lakukan perbaikan untuk membuat AC bekerja secara optimal kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *