Mengulas Tentang Pro dan Kontra dalam Membeli Mobil Baru Atau Bekas

Tips Trik

Mobil merupakan kendaraan yang banyak dipilih oleh masyarakat di era modern seperti masa kini. Hal ini tak heran karena mobil mampu menawarkan kenyamanan lebih dibandingkan dengan motor atau bahkan kendaraan umum. Jika kini Anda sedang berencana membeli mobil, maka ada baiknya mempertimbangkan untuk membeli mobil baru atau bekas. Keduanya memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. 

Memang memilih antara mobil baru atau mobil bekas kadang menimbulkan kegamangan tersendiri. Ingin beli mobil baru, namun uangnya kurang. Tapi jika membeli mobil bekas, maka takut kualitas mobilnya telah menurun. Lalu bagaimana cara menentukannya? Berikut ini beberapa pertimbangan membeli mobil bekas atau mobil baru:

  • Mobil baru

Jika membeli mobil baru, maka akan penuh dengan keunggulan. Mobil baru tentu akan memiliki tampilan yang menawan dan segar, apalagi jika mobilnya adalah produk yang terbaru. Sebagai mobil baru, maka mampu menawarkan kenyamanan hingga fitur yang masing jarang dipakai. Anda juga akan mendapatkan garansi dalam hal pembelian mobil baru ini sehingga jika ada terjadi sesuatu pada mobil maka bisa dipertanggungjawabkan. Kenyamanan yang ditawarkannya pun pastinya akan berbeda. Meski begitu, Anda tentu harus mempersiapkan budget yang tinggi mengingat harga mobil baru yang kerapkali tinggi.

  • Mobil bekas

Kebalikan dari mobil baru, mobil bekas tentu punya banyak resiko meski memang keunggulannya adalah dari harga yang lebih terjangkau. Meski sudah pernah digunakan, namun Anda tetap bisa berkesempatan mendapatkan mobil yang kondisinya masih bagus asalkan Anda mampu mengeceknya dengan benar dari kondisi body hingga mesinnya juga. Antisipasi juga jika mobil terlihat ada yang tidak beres misalnya pernah kecelakaan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memang kedua mobil punya sisi positif dan negatif. Namun itu semua kembali kepada kebutuhan dan anggaran Anda. Namun bisa juga diusahakan dengan kredit jika memang Anda kurang mencukupi budget-nya. Tapi pahami resiko kredit mobil juga penting. Pastinya harga mobil akan jadi lebih mahal ketika kredit mobil. Hal ini sangat wajar karena pihak lembaga keuangan pun tentu butuh keuntungan. Belum lagi adanya kemungkinan tidak bisa membayar cicilan menjadi momok tersendiri yang menakutkan mengingat kondisi keuangan setiap orang yang tak selalu stabil. Jika Anda tidak mampu membayar, maka resiko berikutnya tentu mobil akan disita atau Anda harus menjualnya demi bisa membayar cicilan tersebut. 

Itulah beberapa hal yang bisa Anda jadikan pertimbangan dalam pembelian mobil baik baru maupun bekas. Membeli mobil baru tidak ada salahnya sehingga bisa dapatkan kualitas yang terbaik meski harus merogoh kocek agak dalam. Namun membeli mobil bekas pun bisa juga namun harus cermat dan teliti dalam pemilihan mobil sehingga tidak mendapatkan mobil yang berkualitas rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *