Mengulas Faktor Penyebab Mobil Bisa Boros Bahan Bakar

Info Mobil

Kebutuhan terhadap mobil yang semakin tinggi menyebabkan kebutuhan bahan bakar pun tinggi. Melihat hal demikian beberapa produsen mobil membuat inovasi dengan mengeluarkan jenis mobil yang hemat bahan bakar. Mobil tersebut banyak diminati oleh para konsumen meski harganya mungkin sedikit lebih mahal. Selain fitur utama tersebut, mobil yang hemat bahan bakar juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas lain sehingga benar-benar memanjakan penggunanya.

Akan tetapi meski bisa menghemat bahan bakar, terkadang tiba-tiba bahan bakar menjadi boros ketika sedang digunakan. Hal ini menimbulkan berbagai persepsi apa yang salah dengan mobil tersebut. Boros bahan bakar yang dialami pada mobil tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

 

  1. Penyaring udara mampet. Salah satu penyebab mengapa tiba-tiba mobil bisa lebih boros bahan bakarnya adalah penyaring atau filter udara tersumbat akibat debu. Debu yang menyumbat pada bagian filter tersebut membuat udara tidak bisa masuk ke dalam ruang pembakaran. Ketika tidak ada udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran, maka kinerja mesin semakin meningkat dan membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan air yang memiliki tekanan, seperti air dari selang.
  2. Penggunaan AC yang berlebihan. AC memang sangat berfungsi pada mobil untuk memberikan udara yang dingin dan segar terutama bila cuaca sedang panas. Akan tetapi, bila AC digunakan secara berlebihan dan terlalu sering akan menyebabkan konsumsi bahan bakar semakin tinggi. Inilah yang membuat bahan bakar terasa boros.
  3. Terlambat mengganti oli pada mobil matic. Mobil matic yang terlambat penggantian olinya menyebabkan bahan bakar lebih cepat habis. Hal itu dikarenakan, kualitas oli yang menurun akibat terlalu lama digunakan membuat kinerja mesin menjadi lebih berat. Kinerja mesin yang berat membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak sehingga mobil bisa tetap berjalan. Oleh karenanya segera ganti oli mesin bila telah melewati masa penggantiannya.
  4. Mesin yang kotor. Mesin yang kotor bisa disebabkan oleh kerak yang timbul sehingga volume pada ruangan bahan bakar semakin berkurang. Akibatnya performa mobil semakin menurun dan kebutuhan mesin terhadap bahan bakar semakin besar. Bahan bakar pun semakin berkurang dengan cepat. Solusinya adalah dengan membersihkan kerak pada mesin melalui cara-cara yang tepat.

Pemborosan bahan bakar pada mobil sebaiknya diperhatikan dengan baik apa penyebabnya. Dengan demikian dapat diatasi dengan cara yang tepat. Agar tidak mengalami pemborosan yang tidak wajar, sebaiknya lakukan langkah-langkah yang tepat untuk merawat mobil dengan rutin. Dengan demikian selain mobil tetap terawat, performanya akan tetap stabil dan hemat bahan bakar. Dengan menghemat bahan bakar, maka pengeluaran untuk bahan bakar dapat ditekan dan mobil bisa difungsikan dengan normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *