Mengintip Kerugian yang Bisa Didapatkan Jika Membeli Mobil Lewat Sistem Kredit

Tips Trik

Sistem pembayaran kredit merupakan hal yang wajar dilakukan oleh banyak orang. Mulai dari barang besar seperti mobil hingga pakaian dan juga alat make up banyak yang memilih cara pembayaran dengan kredit. Sistem pembayaran ini dipilih karena akan mempermudah sistem pembayarannya dengan hanya cukup untuk membayar DP dan bisa untuk melunasi biayanya dengan cara mencicil dengan waktu yang telah disepakati bersama. Salah satu barang yang bisa dicicil adalah kendaraan seperti mobil yang banyak orang memilih cara pembayaran tersebut karena harganya yang cukup mahal untuk dibeli secara langsung. Sehingga banyak orang yang menggunakan cara pembayaran dengan kredit. Akan tetapi walaupun mempunyai banyak keuntungan, ada juga beberapa kekurangan dari sistem pembayaran kredit mobil ini. Beberapa kekurangan membeli mobil dengan cara kredit yang akan dirasakan pembeli misalnya:

  • Beban keuangan tambahan selama masa kredit

Kekurangan dari membeli mobil ataupun barang lainnya secara kredit ini adalah akan membuat beban tambahan. Apabila memilih cara pembayaran dengan kredit, maka Anda harus berkomitmen untuk membayar cicilan dengan teratur dan tidak boleh lewat masa temponya. Oleh karena itulah hal tersebut akan menjadi beban keuangan sendiri yang harus dibayarkan oleh pembeli sebelum akhirnya dapat lunas dan mobil bisa menjadi milik sendiri sepenuhnya.

  • Menambah utang

Apabila kredit barang maka Anda mempunyai kewajiban untuk melakukan pembayaran cicilannya setiap bulan. Anda telah menggunakan barang yang belum lunas dan hal tersebut juga berarti mempunyai hutang sampai barang tersebut lunas untuk dibayar. Dengan kata lain apabila Anda mengambil kredit mobil maka hal tersebut juga akan membuat Anda mempunyai hutang yang besar. Karena harga mobil tersebut tidak murah dan juga cicilannya besar setiap bulannya. Dan cicilan tersebut sampai pembayaran hingga lunas nantinya dikategorikan sebagai hutang yang harus dibayarkan.

  • Masalah bunga yang fluktuatif

Kekurangan selanjutnya dari memilih pembayaran mobil dengan cara kredit adalah berhubungan dengan bunga cicilannya. Apabila sewaktu-waktu terjadi masalah yang tidak diinginkan sehingga membuat bunga kreditnya naik maka beban pembayaran cicilan mobil yang Anda miliki juga ikut naik. Dan hal tersebut akan membuat pengeluaran Anda juga tidak stabil karena membengkak karena kenaikan cicilan mobil yang harus dibayarkan.

  • Tidak memiliki sepenuhnya

Dan hal terakhir yang menjadi kekurangan dari memilih cara pembayaran mobil dengan cara cicilan ini adalah tidak akan merasa memiliki mobil sepenuhnya. Akan ada rasa cemas apabila Anda tidak bisa untuk membayar cicilan dan mobil akan ditarik. Selain itu juga khawatir yang akan double apabila mobil mengalami masalah yang tidak diinginkan. Dari kondisi mobil yang rusak, mengalami kecelakaan, hingga terjadi pencurian. Sehingga akan menimbulkan kerugian Anda yang tetap harus melunasi cicilan mobil tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *