alarm mobil

Mengenal 5 Jenis Aksesoris yang Berfungsi Sebagai Alat Keamanan Mobil

Keamanan Mobil

Dengan makin tingginya tingkat kejahatan dan pencurian kendaraan bermotor terutama mobil saat ini, tentunya hal ini membuat para pemilik mobil makin waspada dan berhati-hati dalam menjaga keamanan aset yang mereka miliki. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan keamanan kendaraan demi menjaga aset penting dan berharga ini. Salah satunya adalah dengan memasang alat keamanan mobil pada kendaraan roda empat Anda.

Ada beberapa jenis perangkat alat keamanan mobil yang bisa dipasang pada kendaraan. Cara kerja alat keamanan ini bermacam-macam namun sama-sama memiliki satu tujuan, yaitu menjaga keamanan mobil dan menghindarkan kendaraan ini dari tindak kejahatan dan pencurian. Beberapa jenis alat keamanan khusus untuk mobil yang perlu Anda ketahui di antaranya adalah:
alarm mobil

  • Alarm mobil
    Alarm mobil adalah jenis aksesoris standar untuk segala jenis mobil, selain juga memiliki fungsi sebagai alat keamanan kendaraan. Cara kerja alarm mobil adalah dengan mengeluarkan bunyi gaduh saat pintu mobil dibuka secara paksa. Bunyi alarm yang keras dapat menarik perhatian orang di sekitar mobil dan menggertak pencuri yang punya niat jahat sehingga bisa membuatnya mengurungkan niat untuk mencuri. Alarm mobil juga akan berbunyi saat mobil disenggol keras atau diguncang ketika sedang parkir dalam keadaan mesin mati. Yang perlu diperhatikan adalah tingkat sensitifitas sensor aksesoris ini. Jangan sampai terlalu sensitif karena akan merepotkan pemilik kendaraan. Sebaliknya bila alarm kurang sensitif, maka kegunaannya menjadi tidak maksimal lagi.
  • Alat pelacak mobil (GPS Tracker)
    GPS (Global Positioning System) tracker adalah merupakan alat keamanan yang biasa dipasang pada mobil mewah atau kendaraan operasional perusahaan selain juga bisa dipakai oleh pemilik mobil pribadi untuk tujuan menambah keamanan mobilnya. Receiver yang dipasang pada mobil akan mengirim sinyal pada satelit setiap waktu dan kemudian satelit penerima sinyal akan mengirimkan data letak kendaraan ke server yang telah disediakan. Server ini akan mencatat koordinat kendaraan pada sebuah peta digital hingga rute perjalanan mobil ini dapat dilihat, termasuk juga kecepatannya, dan juga kondisi mesin mobil apakah sedang menyala atau dimatikan. Selain itu, GPS tracker juga memiliki fitur keamanan lain seperti bisa mematikan mesin kendaraan dari jauh, juga dapat merekam pembicaraan yang terjadi di dalam mobil dengan menggunakan perangkat ponsel sehingga dapat dilakukan di mana pun pemilik kendaraan berada.
  • Chip Kontak
    Teknologi chip yang bekerja pada kontak mobil ini bekerja dengan cara membuat hanya sensor chip tertentu yang mampu membaca kunci kontak mobil. Benar-benar teknologi masa depan yang sangat canggih untuk dapat menghindari tindak pencurian pada mobil.
  • Kunci stir
    Kunci stir adalah merupakan kunci tambahan di dalam mobil yang dipasang di bagian stir mobil. Kunci stir ini akan membuat kendaraan tidak bisa dibelokkan stir nya saat dikendarai. Selain kunci stir ini ada juga model kunci stir yang sekaligus mengunci pedal gas, pedal rem, dan juga kopling sehingga kendaraan sama sekali tidak bisa dijalankan. Hal ini tentunya akan sangat merepotkan orang yang ingin berniat jahat untuk mencuri kendaraan Anda.
  • Kunci roda
    Cara kerja kunci roda adalah dengan mengaitkan roda ke velg mobil sehingga mobil tak akan bisa bergerak saat mesin menyala. Hal ini sangat efektif untuk mencegah aksi pencurian mobil di tempat umum.

Dari berbagai alat keamanan mobil di atas, salah satu diantaranya bisa digunakan sebagai referensi untuk keamanan mobil anda dari ancaman pencurian mobil di tempat umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *