Masalah Pada Kopling Mobil yang Harus Diketahui

Info Mobil

Jika anda ingin kendaraan anda selalu dalam kondisi yang prima dan sehat anda harus melakukan perawatan mobil yang benar. Salah satu bagian terpenting pada mobil manual adalah kopling. Kopling merupakan alat untuk menghubungkan antara 2 poros di kedua ujungnya yang bertujuan untuk mentransmisikan daya mekanis. Sehingga jika kopling tidak dalam kondisi yang baik maka akan membuat Anda kesusahan untuk melakukan perpindahan gigi persneling kendaraan beroda empat yang Anda miliki. Terdapat beberapa tanda-tanda kerusakan pada kopling yang bisa Anda perhatikan dengan baik, diantaranya adalah:

  • Perhatikan mengenai putaran rata-rata mesin. Umumnya, kecepatan putaran pada mobil dengan mesin normal adalah mencapai 60 km/h di gigi 3 dengan RPM yang dapat mencapai 2000 rpm. Namun, jika kopling rusak maka RPM dapat naik hingga ke angka 3000 rpm.
  • Adanya bau gosong yang menyengat pada saat mobil Anda melewati tanjakan. Hal tersebut disebabkan karena kampas kopling yang selip.
  • Mesin yang terasa lebih berat serta menderu dengan keras ketika akan dilajukan saat Anda hendak melepas kopling.
  • Kecepatan yang naik dengan sangat lambat bahkan mobil yang tidak bisa dijalankan sama sekali.

Dari gejala tersebut, terdapat beberapa masalah yang muncul terkait dengan kopling mobil. Pertama adalah susah untuk masuk gigi. Susah saat memindahkan gigi atau bahkan memasukkan gigi dikarenakan berbagai macam hal. Bisa saja kopling susah masuk gigi saat mesin mau dimatikan ataupun dihidupkan. Jika hal ini terjadi, berarti terdapat kesalahan yang berada di sistem mekanik pengoper gigi, atau kabel gigi yang sudah mulai rusak bahkan putus atau bisa saja terjadi kerusakan pada mekanisme pengoper gigi yang ada di dalam gearbox.

Sedangkan jika kopling hanya susah masuk gigi saat mesin mobil hendak dihidupkan atau dinyalakan, bisa saja terjadi 2 kerusakan yang harus diperhatikan yaitu:

  • Kerusakan yang terjadi di master kopling atas bawah ataupun pada kabel kopling, fork atau garpu kopling yang retak, bushing fork dan atau bagian clutch realse bearing atau di bagian drek lahar yang rusak.
  • Kerusakan yang terjadi pada bagian sekrup atau pada clutch cover. Jika terjadi kerusakan di bagian ini, Anda akan semakin susah untuk memindahkan persneling jika Anda sudah melakukan perjalanan yang cukup jauh sehingga menyebabkan kondisi sekrup yang panas.

Masalah lainnya yang terjadi pada kopling mobil, diantaranya adalah:

  • Kopling yang bergetar saat mobil pertama kali mau jalan. Hal ini kemungkinan besar disebabkan karena Anda menggunakan jenis clutch disc atau plat kopling yang palsu, pantekan dan atau kualitasnya kurang bagus. Sedangkan alasan lainnya bisa disebabkan karena fly wheel yang bergelombang.
  • Akselerasi kurang walaupun suara mesin besar karena plat kopling yang sudah menipis. Namun bisa saja terjadi karena fly wheel yang aus yang bisa disebabkan penggunaan dari plat kopling yang kurang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *