Knalpot Mobil Sering Mengeluarkan Berbagai Jenis Asap? Ini Dia Penyebabnya!

Info Mobil

Setiap kendaraan bermotor pastinya memiliki suatu saluran pembuangan dari hasil pembakaran bahan bakar yang digunakan untuk kendaraan tersebut dapat berjalan dengan baik. Hasil pembakaran tersebut biasanya berupa asap yang dikeluarkan dari cerobong knalpot kendaraan tersebut. Salah satu kendaraan yang memilikinya adalah mobil. Sekarang ini, banyak sekali mobil yang mengeluarkan asap namun secara tidak normal dan membuat sekitarnya menjadi merasa terganggu, terutama pada sistem pernapasan mereka. Jika knalpot mobil mulai mengeluarkan asap yang bermacam-macam, tidak berwarna putih, maka Anda perlu dengan segera memeriksa dan juga membawa mobil Anda ke bengkel atau tangan profesional. Mungkin Anda bertanya-tanya apa yang menyebabkan mobil dapat mengeluarkan asap yang bermacam-macam. Berikut ini adalah penyebabnya:

 

  • Asap Hitam

Warna asap yang paling sering dikeluarkan selain putih adalah hitam. Asap ini dapat timbul dikarenakan adanya kelebihan pada bahan bakar yang diisi ke dalam tabung silindernya dan membuat bahan bakar tersebut tidak dapat dibakar dengan sempurna. Selain itu, hal ini juga dapat membuat Anda menjadi boros bahan bakar. Penyebab lainnya adalah karena karburatornya tidak diatur atau disetel dengan benar. Jika komponen fuel pumpnya rusak, maka akan membuat sensor penunjuk bahan bakar pun akan menjadi kacau dan membuat ECU mengeluarkan bahan bakar dalam kadar yang lebih banyak.

 

  • Asap Biru

Warna asap yang dapat dihasilkan mobil yang bermasalah adalah asap biru. Hal ini terjadi karena adanya oli yang masuk pada ruang bakar. Biasanya, masalah ini lebih banyak ditemukan pada mobil yang sudah berusia diatas 5 tahun dan memiliki jarak tempuh yang tinggi. Selain itu, oli tersebut dapat berjalan masuk karena seal dan gasket yang tidak bekerja dengan baik. Kerusakan tersebut dapat terjadi karena ring pistonnya rusak. Selain itu, jika oli tersebut membuat busi basah, maka pengapian pada mobil pun akan terganggu dan pembakaran pun tidak akan sempurna.

 

  • Asap Putih

Asap putih ini menjadi yang paling sering dikeluarkan mobil melalui knalpot mereka. Meski mengeluarkan asap ini, namun bukan berarti mobil Anda memiliki masalah. Asap ini pun bersifat sementara dan bisa hilang sendiri. Biasanya asap ini akan muncul karena kondensasi, terutama jika Anda bertempat tinggal di wilayah yang dingin. Jika mobil mengeluarkan asap putih yang tebal dan disertai dengan tanda lainnya, maka bisa saja ada air coolant yang terbakar atau fungsi dari PCV yang menurun.

 

Itulah beberapa jenis asap yang sering kali dikeluarkan mobil melalui knalpotnya. Hal tersebut adalah bagus, karena bisa dijadikan indikasi bahwa mobil Anda sedang mengalami masalah dan Anda pun dapat segera mengetahuinya dan memperbaikinya. Jangan dibiarkan terus menerus, hal tersebut akan membuat mobil cepat rusak dan juga mengganggu lingkungan di sekitar Anda. Segeralah bawa ke bengkel untuk diservis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *