Knalpot Mobil Anda Sering Terdengar Menembak? Ternyata Ini yang Menjadi Penyebabnya!

Info Mobil

Mobil memang memiliki segudang masalah yang dapat menyerang setiap komponen yang dianggap penting mau pun biasa saja. Salah satu masalah yang paling sering terjadi pada mobil Anda adalah pada bagian knalpotnya. Sudah sangat sering jika Anda mendapati adanya mobil yang mengeluarkan suara menjengkelkan yang membuat kaget, yang terdengar seperti menembak, ketika sedang berada di jalan-jalan besar di Jakarta. Jika Anda memiliki mobil dengan masalah seperti ini, ada baiknya untuk segera membawanya ke bengkel profesional untuk segera diatasi. Hal ini selain merugikan untuk Anda, namun merugikan juga untuk orang-orang yang disekitar Anda. Mereka pastinya akan kaget ketika mendengar suara tersebut. Berikut ini adalah penyebab yang membuat knalpot Anda dapat mengeluarkan suara seperti tersebut:

 

  • Bahan Bakar Terlalu Sedikit

Hal pertama yang dapat membuat mobil Anda dapat mengeluarkan suara seperti itu melalui knalpotnya adalah dikarenakan bahan bakar yang ada pada mobil Anda terlalu sedikit jumlahnya. Meski sedikit, jika dipaksakan untuk berjalan dan Anda kemudikan, pasti akan mengeluarkan suara seperti tersebut. Jadi, akan lebih baik untuk tidak membiarkan mobil Anda sampai memiliki bahan bakar yang sangat sedikit. Jika sudah mendekati angka yang sedikit, maka Anda harus segera mengisinya. Jangan tunggu hingga habis karena akan membuat Anda repot dikemudian hari.

  • Bahan Bakar dan Udara Tidak Tercampur dengan Baik

Hal lain yang menyebabkan knalpot Anda dapat mengeluarkan suara menembak yang dapat membuat orang disekitar menjadi kaget adalah dikarenakan bahan bakar dan juga udara tidak tercampur dengan baik oleh busi. Hal ini tentu dapat membuat suara seperti menembak keluar dari knalpot. Untuk itu, perhatikanlah jika ada komponen dalam proses pembakaran yang tidak bekerja dengan baik. Segeralah ganti komponen tersebut agar masalah ini tidak terus berlanjut.

  • Sisa Gas Tidak Terbakar

Penyebab terjadinya suara tembakan yang keluar dari knalpot mobil Anda adalah karena sisa gas hasil pembuangan tidak terbakar dengan sempurna pada ruang pembakarannya. Umumnya, semua sisa gas pastilah terbakar jika berada dalam ruang pembakaran. Karena berbagai hal yang terjadi, maka sisa gas pun tidak terbakar. Hal inilah yang menyebabkan proses pembakarannya menjadi tidak sempurna dan memberikan dampak berupa suara yang keluar dari bagian knalpot mobil Anda.

  • Penyuplai Udara Rusak

Hal lainnya yang dapat menghasilkan suara menembak dari knalpot Anda adalah karena penyuplai udara yang bersih ke dalam ruang pembakaran di dalam mobil rusak. Hal ini juga bisa disebabkan karena karburator mobil yang sudah kotor dan tidak dibersihkan. Pastikanlah udara yang ada dalam mobil adalah bersih dan bebas dari polusi. Hal ini karena tidak menyehatkan untuk penumpang yang ada di dalam mobil serta membuat karburator menjadi terhambat dan tidak dapat bekerja dengan sempurna.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *