Ini Dia Langkah Tepat Perawatan Mobil yang Perlu Diperhatikan Ketika Musim Hujan

Tips Trik

Menggunakan mobil pada musim hujan memang lebih nyaman karena tubuh tetap aman terlindungi. Akan tetapi tidak demikian dengan kondisi mobil. Mobil yang digunakan ketika musim hujan akan lebih rentan terhadap kerusakan. Kerusakan utama yang dialami mobil ketika hujan adalah bagian luarnya. Cat mobil akan lebih cepat berkarat akibat kandungan garam pada air hujan yang keras. Komponen mobil lainnya seperti mesin pun dapat terganggu dengan air hujan. Oleh karena itu, diperlukan langkah yang tepat agar mobil senantiasa dalam kondisi baik meski digunakan saat musim hujan.

Berikut adalah langkah tepat guna merawat mobil pada musim hujan:

  1. Perhatikan bagian-bagian yang rentan terhadap air hujan seperti saluran dan saringan pada tangki bahan bakar. Pastikan bahwa komponen-komponen tersebut tidak bocor sehingga air hujan tidak bisa masuk ke dalamnya. Apabila air hujan bisa masuk dan bercampur pada bahan bakar, akan berdampak buruk bagi mobil.
  2. Perhatikan pada sistem elektrik apakah tertutup dengan benar. Pastikan bahwa air hujan tidak bisa masuk pada sistem tersebut sehingga tidak menyebabkan arus pendek listrik. Bila terjadi arus pendek bisa menyebabkan mobil mogok ketika sedang berjalan.
  3. Segera cuci mobil begitu terkena air hujan. Memang langkah satu ini agak ribet terutama ketika musim hujan. Hampir setiap hari harus mencuci mobil setelah digunakan bepergian. Tetapi demi menjaga agar mobil lebih tahan lama, sebelum air hujan mengering pada bagian mobil, sebaiknya segera cuci mobil menggunakan air bersih dan sabun. Setelah selesai, bilas dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan lap kering. Hal ini dilakukan agar selain menghindari dari karatan, mengelapnya hingga kering juga membantu mencegah timbulnya jamur akibat kondisi yang lembab.
  4. Pastikan bahwa komponen yang menggunakan karet tetap terjaga kelenturannya. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan Silicone Spray untuk di semprotkan pada bagian komponen mobil yang terbuat dari karet secara berkala. Terutama pada musim hujan penyemprotan lebih rutin agar karet tidak cepat aus.
  5. Pastikan engsel pada pintu mobil tetap berfungsi dengan baik dan tidak berkarat. Ketika musim hujan, komponen-komponen mobil juga rentan terhadap karat, salah satunya pada engsel mobil. Agar engsel tidak mudah berkarat terutama pada musim hujan, maka sebaiknya gunakan oli secara berkala pada engsel pintu mobil.

Perawatan mobil terutama pada musim hujan harus benar-benar diperhatikan pada semua jenis mobil. Apalagi mobil yang sudah tua dan cenderung lebih rentan terhadap kerusakan. Oleh karenanya, lakukan perawatan secara rutin sehingga mobil tetap awet dan tahan lama. Berbagai aktivitas pun bisa berjalan normal meski pada musim hujan karena mobil yang menunjang aktivitas dalam kondisi yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *