Ini Dia 4 Tips Belajar Mengemudikan Mobil Manual Bagi Para Pemula

Tips Trik

Bagi pemula mengemudikan mobil manual memang jauh lebih menantang ketimbang mobil dengan transmisi otomatis, yakni pada mobil matic. Ketika mengemudikan mobil transmisi manual Anda dibuat repot dengan mengatur keseimbangan menginjak pedal gas dengan kopling. Ditambah lagi harus menyelaraskan antara persneling dengan kemudi atau setir mobil supaya si kendaraan yang dikemudian melaju mulus ke arah yang diinginkan. Sekilas memang terdengar rumit lebih-lebih saat dipraktekkan, namun kalau sudah dikuasai dan terus berlatih dijamin terasa sangat simpel.

Tips Belajar Naik Mobil Transmisi Manual

Meski sulit banyak orang tertarik menaklukkan mobil manual dengan harapan mobil jenis apapun nantinya bisa ditaklukkan pula. Supaya proses belajar lebih aman dan nyaman maka simak beberapa tips berikut ini:

  • Pahami dulu fitur mobil secara teoritis,

Semua mobil dibekali dengan aneka jenis fitur dan tidak melulu berkaitan dengan AC, kapasitas mesin, dan sejenisnya. Sebab soal rem, pedal, dan juga gas termasuk ke dalam fitur sebuah mobil yang tentu wajib dipahami dulu secara teoritis. Lantaran kalau secara teori sudah mulai paham maka ketika dipraktekkan tidak akan menjumpai kesulitan yang terlalu berarti, belajar pun semakin mudah.

  • Temukan lokasi terbaik untuk belajar,

Kunci untuk bisa lebih mudah menguasai sebuah mobil manual adalah rajin berlatih terutama di segala jenis medan. Akan tetapi untuk masa awal berlatih pilih medan yang mudah, yakni yang landai dan sudah halus tertutup aspal. Praktek langsung di jalanan sudah bisa dilakukan namun pastikan jalanannya datar dan tidak banyak lampu lalu lintas maupun tikungan. Perlahan Anda bisa meningkatkan kemampuan menyetir mobil manual dengan berpindah ke medan lebih sulit.

  • Mengatur konsentrasi selama belajar,

Kesulitan yang paling mendasar dalam belajar menyetir mobil manual adalah mengatur konsentrasi. Supaya pijakan pada pedal kopling bisa selaras dengan pedal gas, karena memang sangat penting untuk dikuasai dengan baik. Apalagi kalau tekanan pada pedal kopling dilepas terlalu cepat akan beresiko membuat jalan mobil tersendat-sendat bahkan berhenti di tempat. Sebaliknya, kalau kopling terlalu lambat dilepas dan pedal rem di injak kuat malah suara mesin menderu kencang namun mobil berhenti di tempat.

  • Temukan mentor terbaik,

Belajar mengemudi memang tidak akan bisa dilakukan sendiri ataupun otodidak, melainkan ada mentor atau pelatihnya. Inilah alasan mengapa tempat kursus setir mobil tumbuh lumayan cepat di masa sekarang karena memang pengguna jasanya ada banyak. Supaya proses belajar mengendalikan mobil manual terasa mudah dan segera dikuasai maka teliti dalam memilih mentor. Jangan sampai mengabaikan kualitas apalagi berkat pengalaman mentorlah keahlian Anda mengendalikan mobil bisa lebih cakap. Paling aman adalah memilih mentor orang terdekat yang Anda kenal keahlian mengemudinya sebaik apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *