Cara Sederhana Membersihkan Plafon Mobil dalam Waktu Singkat

Tips Trik

Membersihkan mobil merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh para pemilik kendaraan, baik dari interior ataupun eksterior. Tetapi terkadang hal tersebut masih saja ada bagian yang luput dari perhatian para pemilik yaitu pada bagian plafon. Padahal hal tersebut jika tidak dibersihkan akan menimbulkan pemandangan yang tidak enak, dari mulai kusam, berjamur dan lain sebagainya. Tetapi untuk membersihkannya sendiri pun tidak bisa dilakukan secara sembarangan, perlu ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Karena tidak sedikit pemilik mobil yang melakukan pembersihan plafon mobil tetapi malah terlihat semakin kotor. Banyak cara yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan untuk membuat tampilan plafon mobil bersih kembali yaitu:

  • Plafon berdebu.

Pertama adalah kasus plafon mobil yang sangat kotor dengan debu-debu yang menempel, cara yang paling ampuh adalah dengan menyikatnya. Pilih sikat yang lembut seperti sikat gigi, jangan gunakan air dan pastikan alur sikat lebih teratur. Cara ini lebih ampuh hanya sebagai penghilangan debu saja bukan untuk penghilangan noda yang lebih membandel. Jadi jika Anda menggunakan sabun, air atau detergent lainnya bukan membuat plafon bersih tetapi membuat debu semakin menyebar.

  • Plafon noda ringan.

Yang kedua jika ada noda-noda ringan pada plafon Anda, caranya menghilangkannya sama dengan sebelumnya hanya saja perlu ada tambahan air dan juga detergent. Pastikan saat menggunakan sabun atau detergent tidak mengeluarkan busa jadi lebih aman dan cepat bersih. Jangan gunakan sikat yang kasar karena dapat merusak plafon, alur sikat juga lebih searah supaya tidak menimbulkan bekas.

  • Plafon noda pekat.

Dan selanjutnya jika Anda menemui masalah pada plafon dengan noda yang lebih membandel. Sebenarnya cara ini sama saja dengan sebelumnya, hanya saja Anda memerlukan beberapa peralatan dan cairan khusus supaya lebih mudah untuk menghilangkan noda. Untuk cairan yang digunakan Anda bisa membelinya di bengkel-bengkel mobil terdekat.

  • Plafon bludru.

Setiap plafon mempunyai bahan pembuatan yang berbeda-beda, misalnya saja dari bludru yang menurut beberapa orang memang lebih susah. Cara pembersihan plafon mobil dengan bahan ini tidak berbeda jauh dengan sebelumnya, Anda memerlukan air sedikit, kemudian lap yang diusapkan secara perlahan pada plafon. Pastikan air yang digunakan tidak terlalu banyak karena dapat menimbulkan jamur muncul dan bakteri lainnya.

Nah, dari beberapa kasus dan cara pembersihan diatas dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk merawat mobil supaya lebih nyaman digunakan. Jika memang Anda menemukan kesulitan dalam pembersihan tersebut bisa langsung membawanya pada ahli pembersihan mobil supaya dihilangkan noda dan kotorannya menggunakan alat yang lebih canggih dan memudahkan. Itulah beberapa cara sederhana untuk menjaga kebersihan plafon mobil Anda, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *