Cara Memeriksa dan Mengganti Oli Pada Power Steering dengan Benar dan Tepat

Tips Trik

Power steering merupakan salah satu komponen dalam mobil yang memiliki fungsi untuk memperingan kemudi pada mobil, agar lebih ringan ketika diputar oleh para penggunanya. Pada umumnya mobil keluaran terbaru, pastinya akan memiliki sistem power steering hidrolik, yang memiliki bagian rack dan pinion, dimana kedua bagian ini digerakkan dengan oli yang memiliki tekanan. Oli ini dihasilkan dari tekanan pada tabung pompa power steering untuk menggerakkan rack dan pinion tersebut. Jika oli dalam tabung pompa tidak memiliki volume yang cukup untuk melakukan tekanan, maka dapat dipastikan setir ataupun kemudi pada mobil Anda akan menjadi lebih berasa. Oleh karenanya memeriksa kondisi oli serta menambahkannya jika berkurang, akan sangat dianjurkan bagi Anda para pemilik mobil.

Untuk dapat mengindikasikan oli pada power steering memiliki volume yang kurang untuk melakukan tekanan, Anda dapat melihatnya ketika menggunakan mobil, dimana setir ataupun kemudi akan terasa berat serta akan mengeluarkan suara bising ketika diputar. Jika mobil Anda telah menunjukkan gejala tersebut, maka periksalah oli dari power steering mobil Anda. Oli power steering ini biasanya akan terdapat pada tabung silinder power steering yang terletak di dekat ujung belt atau sabuk power steering, dan biasanya akan terdapat tulisan keterangan yang menunjukkan bahwa bagian tersebut merupakan tabung silinder.

Tabung silinder ini biasanya akan terbuat dari bahan logam ataupun plastik. Bukalah tabung tersebut untuk mengetahui volume dari oli power steering tersebut. Jika Anda kesulitan untuk menemukan letak tabung silinder power steering ini, maka akan dianjurkan bagi Anda untuk membaca buku petunjuk manula dari mobil yang Anda miliki, agar Anda dapat dengan mudah menemukan letak dari tabung tersebut.

Jika Anda telah menemukan tabung tersebut, maka periksalah volume oli dalam tabung. Untuk proses pengecekan ini akan terdiri dari 2 sistem pengecekan tergantung pada bahan pembuatan tabung power steering mobil Anda. Adapun system pengecekan oli power steering tersebut adalah:

  • Tabung yang terbuat dari plastik, untuk melihat volume oli sangatlah mudah, karena pada umumnya tabung ini akan memiliki tekstur yang transparan sehingga Anda perlu melihatnya dari luar untuk mengecek volume.
  • Tabung yang terbuat dari logam, untuk mengecek volume Anda haruslah membuka penutup tabung, dimana biasanya pada bagian penutup inilah terdapat indikator volume oli dari power steering mobil tersebut.

Jika memang oli pada tabung silinder berkurang atau memiliki volume yang tidak cukup untuk melakukan penekanan untuk menggerakkan rack dan pinion, maka Anda dapat menambahkan oli khusus power steering sampai pada volume yang dianjurkan untuk dapat menghasilkan tekanan yang baik. Pengecekan oli pada power steering memang harus dilakukan secara berkala, agar nantinya setir pada mobil akan dapat berfungsi dengan optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *