Bukan Manusia Saja yang Bisa Masuk Angin, Rem Mobil Ternyata Juga Bisa Mengalaminya, Ini Dia Ciri-cirinya!

Info Mobil

Dalam sebuah mobil, rem merupakan suatu komponen yang dianggap penting dan juga menjadi bagian vital dari mobil itu sendiri. Jika tidak ada rem, maka mobil Anda pun dapat melaju dengan tidak stabil dan berujung dengan kecelakaan. Oleh karena itu, kondisi rem mobil ini haruslah dipantau sesering mungkin. Selain diperhatikan, Anda juga harus bisa merawat bagian tersebut dengan baik. Hal tersebut karena komponen ini dapat mengalami berbagai masalah yang nantinya akan membuat keselamatan dan kenyamanan Anda terganggu jika tidak segera ditanggulangi. Salah satu masalah yang kerap timbul pada rem adalah masuk angin. Mungkin sedikit tidak lazim bagi Anda, namun nyatanya masalah ini kerap terjadi pada bagian tersebut. Berikut ini adalah ciri-ciri dan penyebab dari rem yang masuk angin:

  • Minyak Rem Habis

Penyebab pertama yang bisa membuat rem menjadi masuk angina adalah karena minyak rem sudah habis. Jika minyak habis, maka aka nada udara yang masuk pada sistem hidrolik rem yang bersumber pada resevoirnya jika kondisinya sedang dalam keadaan kosong dan jika kekurangan. Hal ini membuat udara tersebut dengan mudahnya masuk ke dalam dan membuat rem tersebut menjadi masuk angin. Untuk itu, perhatikanlah jangan sampai minyak rem yang ada pada mobil Anda habis. Jika habis, segeralah isi.

 

  • Penggantian yang Tidak Tepat

Jika minyak rem habis dan Anda tidak ingin mengalami rem masuk angin, maka Anda harus segera mengisinya. Namun, saat mengisi pun jika tidak tepat dapat membuat rem menjadi masuk angin. Jangan melakukan penggantian ini sendiri, namun biarkan para ahli yang memang sudah berpengalaman dan profesional dalam pekerjaan ini. Hal ini dikarenakan penggantiannya menggunakan teknik khusus agar tidak ada gelembung udara yang tercipta. Jika Anda merasa bahwa rem mengalami masuk angin sehabis pengisian, maka hal ini bisa terjadi karena proses penggantiannya tidaklah sempurna.

 

  • Mengganti Hidrolik Rem

Hal lain yang menjadi penyebab terjadinya masuk angin pada rem mobil Anda adalah ketika sedang mengganti komponen hidrolik rem pada mobil Anda dengan cara yang tidak tepat. Hal tersebut akan membuat angina dapat masuk ke dalamnya dan rem pun akan mengalami masuk angina. Memang penggantian ini sangat sulit, jadi akan lebih baik jika diserahkan pada yang profesional agar tidak terjadi masalah ini.

Itulah beberapa penyebab terjadinya rem masuk angin. Bukan manusia saja, nyatanya rem mobil juga dapat mengalami masalah atau penyakit yang sama. Meski sepele, namun jika masalah ini tidak segera ditangani, maka keamanan dan juga kenyamanan Anda akan terganggu, terutama jika sedang melakukan pengereman. Akan lebih baik untuk membawa mobil Anda ke tangan ahlinya atau yang profesional agar masalah tersebut tidak terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *