Apa Saja yang Harus Diketahui Sebelum Mengambil Asuransi Mobil Murah?

Tips Trik

Siapa saja pasti tidak mengharap kejadian buruk menimpa mereka. Tetapi, siap yang dapat menebak apa yang terjadi setelah hari ini. bisa saja nasib yang baik datang, namun bisa juga nasib buruk datang. Pertanyaan pun muncul, bagaimana cara menghindari resikonya. Di sini asuransi memberi jawaban antar pertanyaan tersebut apalagi untuk mereka yang was-was bila terjadi kecelakaan atau ketika berkendara. Maka muncullah asuransi mobil yang memiliki keuntungan beraneka ragam oleh perusahaan asuransi. Lantas, bagaimana kita bisa memilih asuransi mobil murah dari berbagai macam perusahaan?

Pertama, pilih perlindungan yang Anda ingini. Asuransi mobil dibedakan menjadi 2, menurut cakupannya. Dua asuransi tersebut yakni TLO dan comprehensive. Perbedaannya, untuk comprehensive akan membayar klaim di berbagai macam kerusakan mulai dari kerusakan yang bersifat ringan, hingga berat. Sementara, untuk TLO akan membayar klaim dengan kerusakan yang melebihi 75% di mobil. karena cakupan tersebut, sudah pasti premi yang dimiliki comprehensive akan lebih mahal.

Kedua, usia kendaraan. usia kendaraan juga harus diperhatikan. Usia kendaraan memiliki pengaruh pada premi yang di bayar. Bila mobil yang diasuransikan lebih dari 5 tahun, akan dikenai biaya tambahan premi. Besaran biaya tambahan premi sekitar 5% per tahun. Sehingga semakin tua usia kendaraan, akan semakin besar pula loading fee yang harus dibayar. Tetapi, terdapat batasan maksimal yang berlaku. Untuk TLO batas maksimalnya 15 tahun dan comprehensive selama 10 tahun.

Ketiga, reputasi dari penyedia jasa. ada begitu banyak perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi mobil di Indonesia, bahkan jumlahnya mencapai 25 perusahaan besar. Dari banyaknya perusahaan, ada yang membedakan satu dengan yang lain entah dari segi premi, pelayanan hingga reputasi perusahaan. agar bisa mengetahui seperti apa reputasi perusahaan, ada sejumlah penilaian yang dapat Anda jadikan sebagai pembanding seperti jaminan melindungi nasabah, investasi, aktiva tetap pendapatan premi. Jika ingin cara yang lebih mudah, pastikan asuransi terdaftar dalam OJK dan Asosiasi asuransi di Indonesia.

Terakhir, bengkel rekanan yang bekerja sama dengan asuransi mobil murah tersebut. Untuk pemilik kendaraan, urusan pemeliharaan atau pun perbaikan yang dilakukan di bengkel menjadi hal yang paling utama. Oleh sebab itu pemilik kendaraan harus selektif untuk memilih bengkel. Ada begitu banyak bengkel namun untuk kinerja dan pelayanan sudah pasti mempunyai kelas sendiri. Jika Anda sudah memiliki bengkel pilihan, Anda bisa mencari tahu apakah bengkel tersebut menjalin kerjasama dengan perusahaan asuransi tertentu. Syukur-syukur bila bengkel tersebut menjadi bengkel rekanan perusahaan. jika tidak pertimbangkan bengkel yang bekerjasama dengan perusahaan asuransi. Pertimbangkan pula jumlah bengkel yang menjadi rekanan. Banyaknya bengkel yang menjadi rekanan memberi banyak pilihan untuk Anda dalam memilih mana bengkel yang pas untuk memperbaiki mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *